16.5 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Salah Satu Program Hasil Terbaik Cepat Diusung Prabowo-Gibran

Jakarta, MISTAR.ID

Pemeriksaan kesehatan gratis merupakan salah satu ‘Delapan Program Hasil Terbaik Cepat’ yang diusung pasangan Calon Presiden (Capres), Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan yang diusung  Koalisi Indonesia Maju itu mencanangkan pemeriksaan kesehatan gratis apabila terpilih di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Sesuai dokumen yang diterima dan dilansir, pada Sabtu (28/10/23), disebutkan pemeriksaan kesehatan itu berguna agar meningkatkan kesadaran kesehatan dan pencegahan penyakit untuk masyarakat.

Baca juga: Gerindra Minta Gubernur Jatim Khofifah Jadi Ketua Pemenangan Daerah Prabowo-Gibran

Di dokumen itu, pasangan yang diusung Partai Golkar, PAN, Demokrat, Gerindra, Gelora, PBB, Garuda dan Prima tersebut menyinggung beberapa pemeriksaan kesehatan yang dicanangkan akan digratiskan.

“Pencegahan penyakit dengan pemeriksaan kesehatan tekanan darah, kadar gula darah dan rontgen paru,” tertulis di visi, misi dan program Prabowo-Gibran halaman 24.

Prabowo-Gibran menetapkan untuk mengurangi kasus penyakit tuberkulosis (TBC) sebanyak 50 persen di tahun 2029 mendatang. Termasuk mencanangkan pembangunan Rumah Sakit (RS) berkualitas di semua Kabupaten se-Tanah Air.

Baca juga: Prabowo-Gibran Janjikan Delapan Program Cepat, Termasuk Naikkan Gaji ASN

Disebutkan, dukungan dan insentif yang menarik untuk dokter ahli yang bakal bertugas di RS tersebut.

Pasangan ini juga mencermati volume tenaga kesehatan (nakes) beserta tempat tidur RS per populasi yang masih di bawah standar World Health Organization (WHO).

“Kesehatan merupakan salah satu bagian penting dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” kata Prabowo-Gibran. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles