15.8 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Panda Nababan Ingatkan Jokowi Agar Tidak Paksa Anak Teruskan Karier Politik

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta untuk tidak memaksakan anak-anaknya terjun ke dunia politik demi melanjutkan kepentingan politik pribadinya. Hal itu disampaikan Panda Nababan dalam acara The Political Show CNN TV, Senin (25/9) malam.

Politisi PDIP itu mengingatkan ada proses yang harus dilalui dalam berpolitik.

“Perlu juga kita kasih tahu ke Jokowi, janganlah ada pemaksaan anak-anaknya ini yang akan memperjuangkan mimpi dia untuk meneruskan dia punya karier politik,” kata Panda seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Panda juga berharap Jokowi menyadari bahwa anaknya, Gibran Rakabuming Raka dan menantunya, Bobby Nasution, yang kini menjabat sebagai kepala daerah di Solo dan Medan, memiliki keistimewaan tertentu.

Baca Juga: Gus Miftah dan Khofifah Bertemu Secara Tertutup

Ia mengatakan Jokowi perlu lebih bersabar dalam membimbing anaknya memasuki dunia politik.

“Kenapa? Kedua anak ini sebelumnya tidak memiliki pengalaman politik, berbeda dengan Jokowi yang dulunya aktif di Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia),” ungkapnya.

Panda mengingatkan bahwa menjadi seorang politisi yang memiliki latar belakang sebagai anak pejabat atau penguasa tidak menjamin karier politik yang sukses.

Ia menekankan bahwa menjadi seorang politisi adalah sebuah proses yang tidak dapat dipaksakan.

Baca Juga: Jika Diikuti 2 Paslon, PDI Perjuangan Berniat Menangkan 1 Putaran Pilpres

“Banyak pengalaman-pengalaman anak-anak pejabat, anak-anak penguasa itu banyak semua hampir kandas. Tidak ada yang kemudian jadi cerita legendaris, karena memang butuh waktu butuh proses tidak bisa dipaksa-paksakan,” katanya.

Dua anak Jokowi, Gibran dan Kaesang Pangarep, telah memasuki dunia politik. Gibran menjadi Wali Kota Solo pada tahun 2019.

Sementara itu, Kaesang baru-baru ini diresmikan sebagai Ketua Umum PSI menggantikan Giring Ganesha, Senin (25/9/23). Selain itu, menantu Jokowi, Bobby Nasution, telah menjabat sebagai Wali Kota Medan sejak tahun 2021. (CNN/hm22)

Related Articles

Latest Articles