12.1 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Munaslub Dianggap Penting Tentukan Langkah Golkar Kedepan

Jakarta, MISTAR.ID

Inisiator Generasi Muda Partai Golkar (GMPG), Almanzo Bonaram berpendapat, Musyawarah Luar Biasa (Munaslub) disebut mendesak untuk Partai Golkar dalam menentukan langkah partai berlambang pohon beringin itu kedepan.

“Munaslub itu penting di tengah isu-isu yang menerpa partai. Seperti pemanggilan Ketua Umum (Ketum), Airlangga Hartarto oleh Kejaksaan Agung (Kejagung),” paparnya, pada Selasa (25/7/23).

Dikatakan Almanzo, munaslub itu bisa mencari solusi terkait hal ini. Sehingga, tidak merugikan elektabilitas Partai Golkar menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Baca juga: Wacana Munaslub Golkar Disebut Ditunggangi agar Usung Capres Tertentu

“Ini jalan keluar untuk menyelamatkan partai dari sejumlah permasalahan yang sedang dihadapi,” ujar Almanzo.

Dia berpandangan, perkara yang tengah dihadapi Airlangga seharusnya menjadi perhatian serius jajaran Partai Golkar. Pasalnya, berpeluang menggerus elektabilitas partai.

“Apalagi survei-survei memaparkan data terbaru terkait menurunnya elektabilitas Partai Golkar,” paparnya.

Dia mencontohkan, hasil survei Lembaga Indikator Politik dengan pengambilan data 20-24 Juni 2023 memaparkan elektabilitas Partai Golkar 9,2 persen. Sementara di Februari 2023, mendapatkan elektabilitas 11,8 persen.

Baca juga: Andaikan Munaslub Golkar, Luhut Disebut Sosok yang Tepat Gantikan Airlangga

Bahkan survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 1-8 Juli 2023, elektabilitas Partai Golkar 6,2 persen di bawah Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Almanzo juga mengapresiasi gerak cepat partai yang berencana memberi bantuan hukum pada Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian itu. Dia menilai, itu bisa membantu Airlangga fokus terhadap perkara di Kejagung.

“Kami mendorong DPP dan para senior bersama-sama menyikapi permasalahan partai, dengan segera mempersiapkan munaslub,” tutupnya. (mi/hm16)

Related Articles

Latest Articles