11.1 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Monitoring TPS di Simalungun, Kapolda Pastikan Pemilu Berjalan Aman

Simalungun, MISTAR.ID

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi bersama jajaran Forkopimda Provinsi Sumatera Utara, melakukan kunjungan khusus untuk memantau langsung proses pemungutan suara di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Simalungun, Rabu (14/2/24).

Kedatangan Kapolda Sumut didampingi oleh Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala, dan Forkopimda Kabupaten Simalungun.

Rombongan mendarat di lapangan Mako Korem 022/Pantai Timur, yang menjadi titik awal dimulainya serangkaian peninjauan. Kemudian mengunjungi TPS 001 dan TPS 008 yang terletak di gedung Cadika, Nagori Dolok Marlawan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Kapolda Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menyampaikan, total 12.804 personel kepolisian disiagakan di Sumut, termasuk pasukan cadangan untuk daerah dengan medan sulit seperti Kepulauan Nias.

“Situasi pelaksanaan pemilu di Kabupaten Simalungun hingga saat ini berlangsung aman dan terkendali,” kata Kapolda.

Baca juga: Kapolda Klaim Nihil Potensi Kericuhan Pemilu 2024 di Sumut

Menurut Irjen Agung, tidak ditemukan daerah dengan kerawanan kecurangan atau kericuhan yang signifikan. Ia juga mengapresiasi sinergi keamanan yang terjalin antara Polisi dan TNI, serta kerjasama semua pihak terkait yang telah bekerja keras mengamankan proses demokrasi ini.

“Koordinasi dan kerjasama antara TNI dan Polri merupakan faktor penting dalam menjamin keamanan pelaksanaan Pemilu 2024,” ucap Kapolda.

Sebagai informasi, total terdapat 45.875 TPS yang tersebar di seluruh Provinsi Sumatera Utara, dimana logistik pemilu telah didistribusikan, dan pemungutan suara sedang berjalan lancar.

Peninjauan oleh jajaran Forkopimda ini diharapkan dapat memberikan tambahan kepercayaan kepada masyarakat bahwa proses pemilihan umum dijalankan dengan aman, jujur, dan adil.(indra/hm17)

Related Articles

Latest Articles