14.7 C
New York
Wednesday, October 2, 2024

Moeldoko: Kabinet Prabowo Kemungkinan Diumumkan 20 Oktober 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Terpilih Prabowo Subianto kemungkinan bakal mengumumkan jajaran menteri di kabinetnya pada 20 Oktober 2024 malam. Tindakan itu dibuat untuk memastikan kinerja pemerintahan tak mengalami kekosongan (vakum).

“Saya anggap iya ya, mestinya seperti itu, karena semaksimal mungkin tidak ada vakum, mungkin seperti itu tekniknya,” kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada Rabu (2/10/24).

Hanya saja Moeldoko mengaku tidak mengetahui lebih lanjut perihal daftar jajaran menteri yang akan dilantik, termasuk rumor yang beredar bahwa calon menteri bakal dikumpulkan di Magelang sebelum atau sesudah diumumkan.

Baca juga:Golkar Usulkan Sejumlah Nama Jadi Menteri di Kabinet Prabowo

“Oh saya tidak tahu ya. Saya tidak masuk ke sana,” tambah Moeldoko.

Diberitakan jika Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu akan mengumumkan susunan kabinetnya secepatnya usai pelantikannya pada 20 Oktober 2024.

Informasi itu dibenarkan Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad bahwa pengumuman dilakukan akan dilakukan langsung pada hari pelantikan. “Wacananya begitu,” ungkapnya, pada Senin (16/9/24).

Baca juga:Susunan Kabinet Prabowo Tuntas 5 Hari Sebelum Pelantikan Presiden

Prabowo diinformasikan akan membentuk kabinet zaken, yaitu kabinet yang diisi oleh menteri-menteri profesional dari kalangan partai politik (parpol) maupun non-partai.

Dasco menilai, menteri dari kalangan profesional diprediksi bakal mendominasi kabinet Prabowo. “Keberadaan orang-orang profesional itu juga lebih banyak kelihatannya, daripada dari parpol,” sebut Wakil Ketua DPR RI ini. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles