27.8 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

KPU Sumut Rakor Pilkada Serentak 2024 dengan KPU Kabupaten/Kota

Medan, MISTAR.ID

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Agus Arifin mengatakan, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 yang dikeluarkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) diharapkan bisa menjadi dasar dalam penyusunan visi misi, dan program pasangan calon (paslon) yang diusung partai politik (parpol) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

“RPJPD dan RPJMD sampai hari ini masih berupa rancangan. Surat Mendagri yang telah disampaikan Bapedalitbang Provinsi Sumut tadi bisa menjadi dasar untuk menyusun visi misi dan program pasangan calon saat mendaftar ke KPU Provinsi maupun Kabupaten/Kota,” kata Agus, pada Sabtu (13/7/24).

Ini disampaikan Agus, saat KPU Sumut menggelar rapar koordinasi (rakor) Pilkada 2024 dengan KPU Kabupaten/Kota.

Baca juga:Seluruh Komisioner Monitoring Coklit ke Berbagai Daerah, Kantor KPU Sumut Sepi

Dijelaskan, waktu pendaftaran paslon yang diusung parpol semakin dekat, yakni 27-29 Agustus 2024.

“Artinya, KPU di 33 kabupaten/kota dapat melakukan kegiatan sesuai dengan ketentuan arahan KPU RI terkait paslon menyangkut dokumen visi misi dan program saat mendaftar,” jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Bapelitbang Provinsi Sumut, Dicky Anugrah menyampaikan, RPJPD provinsi dan RPJMD kabupaten/kota yang saat ini masih dalam rancangan bukan menjadi kendala bagi peserta Pilkada tahun 2024 dalam penyusunan dokumen visi misi dan program paslon.

Baca juga:PSU Digelar 29 Juni 2024, KPU Sumut Segera Distribusikan Logistik ke Nisel dan Samosir

“Ini (RPJPD dan RPJMD) jadi acuan saja, bukan sama persis (di penyusunan dokumen visi misi dan program), dicontohkan data tingkat penurunan pengangguran Sumut, 5,8%, kita di bawah nasional 5,32%. Nah, tim sukses dengan gagasan calon gubernur nya bagaimana di bawah nasional maka kami akan lakukan ini. Seperti itulah proses strategi kampanye, ini hanya jadi isu, boleh dibedah,” terangnya. (rahmad/hm16)

Related Articles

Latest Articles