21.4 C
New York
Tuesday, August 27, 2024

KPU Sumut: Belum Ada Bapaslon Gubernur dan Wagub Konfirmasi Kehadiran

Medan, MISTAR.ID

Komisioner KPU Sumatera Utara (Sumut) Divisi Teknis, Raja Ahab Damanik mengatakan, sampai saat ini belum ada bakal pasangan calon (bapaslon) yang mengkonfirmasi untuk mendaftar hari ini.

“Sampai saat ini belum ada bapaslon atau tim penghubung dari bapaslon mengkonfirmasi terkait kehadiran mereka untuk melakukan pendaftaran,” katanya kepada awak media, Selasa (27/8/24).

Terkait dengan isu bahwa bapaslon gubernur dan wakil gubernur Sumut, Bobby-Surya akan mendaftar pada Rabu 28 Agustus, Raja mengaku belum ada informasi resmi.

“Kita tidak tahu karena itu bukan informasi yang resmi, kalau KPU itu akan memberikan keterangan berdasarkan informasi resmi,” sebutnya.

Baca juga: Pendaftaran Bapaslon Gubernur Dimulai, KPU Sumut: Siap 100 Persen

Raja melanjutkan, setiap bapaslon yang mendaftar ada mekanisme atau aturan yang harus dijalankan bagi setiap bapaslon yang akan mendaftar.

“Bapaslon harus memberitahukan paling lambat satu hari sebelum kehadiran. Sampai saat ini belum ada yang memberi tahu atau konfirmasi,” lanjutnya.

Kemudian Raja menjelaskan bahwa mekanisme tersebut memang tidak ada ketentuan di dalam PKPU, di sana tidak ada norma yang mengatakan wajib atau harus.

Baca juga: Pendaftaran Calon Wali Kota Dimulai, Ketua KPU Medan: Belum Ada yang Daftar

“Tapi setidaknya imbauan itu kan sudah harus disepakati. Karena memang itu adalah aturan tidak tertulis. Tapi untuk kenyamanan bersama, termasuk kami juga sebagai penyelenggara, KPU itu sendiri sebagai penerima pendaftaran baiknya mengetahui kehadiran dari bapaslon itu termasuk parpolnya,” jelasnya.

Hal ini menurut Raja, untuk menghindari kondisi ketika ada bapaslon yang hadir lebih dari satu pada waktu yang bersamaan.

“Itu harus kita hindarkan dan sudah harus kita antisipasi sejak dini. Sehingga dengan adanya pemberitahuan dari bapaslon hadir satu hari sebelum kehadirannya, itu sangat membantu kita untuk bisa mengatur jadwal kehadirannya,” tutupnya. (maulana/hm25)

Related Articles

Latest Articles