12.9 C
New York
Monday, September 9, 2024

KPU Simalungun Nyatakan Berkas Bapaslon Lengkap, ini Tahap Selanjutnya

Simalungun, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun mengonfirmasi bahwa semua dokumen bakal pasangan calon dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 telah lengkap. Hal ini pun disampaikan Ketua KPU Simalungun, Septian Johan Pradana, yang dihubungi, Senin (9/9/24).

Septian Johan menjelaskan bahwa setelah melakukan pemeriksaan pada Silon (Sistem Informasi Pencalonan), semua perbaikan yang diperlukan oleh pasangan calon telah dilakukan.

“Hasilnya sudah diperbaiki calon semua, sudah mencukupi. Tinggal dikeluarkan Berita Acara (BA) dan dilanjutkan dengan tanggapan dari masyarakat,” ujar Septian Johan.

Baca juga:KPU Simalungun: Pemeriksaan Kesehatan Paslon 1-2 Agustus 2024

Dikatakan Johan lagi, pentingnya tahapan verifikasi yang dilakukan KPU sebagai langkah selanjutnya. Verifikasi ini bertujuan untuk menjamin keabsahan untuk seluruh dokumen yang diajukan oleh calon saat mendaftar ke KPU.

Adapun langkah KPU dalam memverifikasi atau pun memeriksa berkas persyaratan yang telah diserahkan oleh pasangan calon, dengan terjun langsung ke instansi yang mengeluarkan dokumen tersebut. Dan diketahui juga, verifikasi berkas ini berlanjut hingga tanggal 15 September dan dilanjut dengan tanggapan dari masyarakat.

“Setelah tidak ada tanggapan dari masyarakat baru lah ditetapkan dan cabut nomor urut pasangan calon,” ujar Septian Johan.

Sementara itu, terkait cutinya petahana yang kembali maju pada Pilkada 2024, kata Johan Septian, pihaknya akan mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Baca juga:Kenakan Seragam Biru Hitam, Anton-Benny Daftar ke KPU Simalungun

“Terkait cutinya petahana kita tetap mengacu pada PKPU. Dan saat ini kita masih menunggu KPU RI,” ucapnya.

Adapun tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024 ke depan ini antara lain:

– Penelitian Persyaratan Calon: Selasa, 27 Agustus 2024 – 21 September 2024

– Penetapan Pasangan Calon: Minggu, 22 September 2024

– Pelaksanaan kampanye: Rabu, 25 September 2024 – Sabtu, 23 November 2024. (hamzah/hm17)

Related Articles

Latest Articles