16.8 C
New York
Thursday, May 16, 2024

KPU Simalungun Ingatkan Jajaran Agar Junjung Tinggi Integritas Penyelengara Pemilu

Simalungun, MISTAR.ID

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun Septian Johan Pradana mengingatkan kepada seluruh jajarannya agar menjunjung tinggi integritas penyelenggara pada Pemilu 2024 mendatang.

Septian menyampaikan hal itu saat menanggapi Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisioner KPU Padang Sidempuan beberapa waktu lalu.

“Terkait OTT tentu menjadi pelajaran yang nyata bagi seluruh jajaran penyelenggara pemilu, khususnya penyelenggara di Kabupaten Simalungun. Kami selalu mengingatkan ke jajaran agar tetap menjunjung tinggi integritas penyelenggara pemilu,” tutur Septian, Rabu (31/1/24).

Baca juga: Mahfud Serahkan Surat Pengunduran Diri ke Jokowi Besok

Ia juga menyampaikan, ketika bertugas sebagai penyelenggara akan banyak menghadapi godaan atau iming-iming untuk melanggar integritas. Hal itu, menurut dia, sudah disampaikan ke badan Adhoc hingga ke tingkat KPPS.

Berdasarkan itu, ia meminta agar seluruh penyelenggara tetap menjaga integritas agar Pemilu tahun 2024 terlaksana secara Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil (Luberjurdil).

“Semua bentuk tindakan yang bersifat transaksional menguntungkan diri sendiri, kelompok, golongan, yang memiliki preferensi politik tertentu merupakan prilaku koruptif yang dapat dijerat pidana. Hal ini secara terus menerus kami sampaikan kepada jajaran kami,” tutur Septian.

Baca juga: Heboh ‘Meme’ Anggota KPPS, KPU Sumut: Antusias Masyarakat Meningkat

Kendati demikian, ia menyebut hingga saat ini belum ada ditemukan oknum yang melakukan penawaran seperti disebut di atas. “Sampai sekarang ini belum ada dan belum pernah ada ditawari yang aneh-aneh,” tandasnya.

Selain itu, Septian mengatakan, bahwa pihaknya juga akan melakukan pengawasan secara terus menerus di internal KPU Simalungun. (Indra/hm22)

Related Articles

Latest Articles