10.7 C
New York
Friday, May 10, 2024

KPU Siantar Tunggu 2 Kecamatan Selesaikan Rekapitulasi Penghitungan Suara

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar masih menunggu dua kecamatan yang belum selesai rekapitulasi tingkat kecamatan.

Ketua KPU Pematangsiantar M Isman Hutabarat mengatakan, saat ini yang sudah selesai sampai finalisasi dalam rekapitulasi yakni empat kecamatan, yaitu Siantar Selatan, Marimbun, Marihat, Siantar Barat.

“Yang belum selesai ada Kecamatan Siantar Sitalasari, Siantar Utara, Martoba dan Siantar Timur. Rata-rata tengah dalam proses finalisasi rekapitulasi suara,” kata Isman Hutabarat, Minggu (25/2/24).

Terkait keterlambatan tersebut, Isman mengatakan, ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, salah satunya adalah kondisi di lapangan terkait banyak hal yang harus dijelaskan kepada para saksi caleg maupun partai politik.

Baca juga: Polres Polres Siantar Kerahkan 73 Personel untuk Amankan Jalur Truk Logistik F1H2O

“Karena yang pertama, KPU kan ada terget sekian hari. Belum selesai ya kondisional di lapangan juga, sedikit banyak yang harus lebih banyak menjelaskan kepada para saksi. Hitung ulang, ya seperti itu lah kondisinya mungkin agak lama,” ungkapnya lagi.

Ia melanjutkan, untuk Kecamatan Siantar Barat tidak ada hitung ulang surat suara dari TPS, sehingga rekapitulasi surat suara telah rampung bersama tiga kecamatan lainnya.

“Kalau tahapan perhitungan (rekapitulasi) di tingkat kota. Kita harus selesai dulu di tingkat kecamatan, baru bisa satu hari sebelum di kota kita mulai undangan ke peserta pemilu untuk rekapitulasi tingkat kota harus sudah kita sampaikan,” ujarnya.

Diungkapkan Isman, KPU saat ini tengah menunggu rekapitulasi tingkat kecamatan Siantar Utara dan Martoba selesai.

Baca juga: Hari ke-4 Rekapitulasi Suara, Siantar Timur Selesaikan 4 dari 7 Kelurahan

“Jadi menunggu Utara sama Martoba ini lah. Tapi kalau selesai hari ini di Martoba atau di Utara untuk rekapnya menunggu finalisasi lah. Kemungkinan, [Siantar] Timur sama Sitalasari selesai lah hari ini,” ucapnya.

Teruntuk pengembalian logistik dari tingkat kecematan tidak ada kendala. KPU Pematangsiantar telah bekerja sama dengan penyedia jasa untuk mendistribusikan logistik hingga pengembalian ke KPU.

“Karena kalau PT Pos sendiri kan sudah tersedia semua transportasinya, tinggal kita saja yang koordinasi,” pungkasnya. (Hamzah/hm22)

Related Articles

Latest Articles