24.3 C
New York
Thursday, June 13, 2024

KPU Gelar Rakor Persiapan Debat Cawapres

Diketahui, tema debat pertama cawapres yakni ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat itu bakal mempertemukan ketiga cawapres, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. Para capres juga akan hadir, tetapi porsi bicara hanya untuk cawapres saja.

Sebelumnya, KPU RI telah menggelar debat pertama capres pada Selasa (12/12/23). Debat itu mempertemukan Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Baca juga : KPU Buka Opsi Tayangan Streaming untuk Debat Capres-Cawapres

Ketiga capres berdebat mengenai isu pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Waketum Partai Gerindra, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo sempat mengajukan debat dengan format town hall meeting. Format tersebut memungkinkan debat yang diisi para pakar atau perwakilan lintas generasi untuk mendalami gagasan para paslon.

Dalam format itu bakal lebih bisa mendalami gagasan para kandidat daripada format debat yang telah diterapkan.

Kapten Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Marsekal Madya TNI Purn Muhammad Syaugi mengaku tidak mempermasalahkan adanya pengajuan debat cawapres menggunakan format town hall meeting.

“Kalau disepakati oleh ketiga paslon, saya kira tidak ada masalah,” ucapnya di Jakarta, Sabtu lalu. (tempo/hm18)

Related Articles

Latest Articles