-1.7 C
New York
Sunday, February 25, 2024

Kapolres Simalungun Ajak Gen Z Jaga Suasana Kondusif Selama Pemilu

Simalungun, MISTAR.ID

Polres Simalungun menggelar program Pojok Pemilu di SMK Yapim Taruna Bandar, Jalan Rajamin Purba, Kecamatan Bandar, pada Selasa (5/12/23). Kegiatan ini merupakan upaya kepolisian menjaga suasana aman, damai, dan kondusif, jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pada pertemuan tersebut, Kapolres Simalungun AKBP Ronald Sipayung menekankan pentingnya peran generasi muda (Gen Z) dalam menjaga kondusivitas dan keamanan selama proses pemilu.

Ia menyampaikan bahwa tanggung jawab menjaga keamanan selama pemilu bukan hanya ada pada penyelenggara dan peserta, melainkan juga seluruh elemen masyarakat, termasuk para pelajar.

“Pemilu yang aman dan damai adalah harapan kita bersama. Oleh karena itu, saya mengajak adik-adik semua untuk aktif berpartisipasi dalam menciptakan suasana yang kondusif. Kalian memiliki peran sebagai agen perubahan yang dapat memberikan pengaruh positif pada lingkungan sekitar,” ujarnya.

Baca Juga: Gubernur Ditunjuk Presiden di RUU DKJ, Masinton: Hilangkan Hak Demokrasi

Ia menambahkan, bahwa pemahaman terhadap nilai-nilai demokrasi, hak dan kewajiban sebagai pemilih, serta pengetahuan tentang proses pemilu yang berintegritas sangat penting bagi pelajar.

Hal ini akan menjadi dasar bagi mereka untuk terlibat secara aktif dalam pemilu yang berlangsung secara adil dan jujur.

Masyarakat, kata Ronald, ingin pemilu yang tidak hanya menciptakan kepemimpinan yang legit dan berkualitas, tapi juga mampu memupuk harmonisasi di antara semua elemen bangsa.

“Untuk itu, marilah kita bersama-sama mewujudkan pemilu yang damai dan sejuk, tanpa hoaks, ujaran kebencian maupun politisasi SARA,” sambungnya.

Kapolres Ronald Sipayung juga menekankan pentingnya literasi digital di kalangan pelajar mengingat maraknya informasi palsu atau hoaks yang tersebar di media sosial, terutama menjelang Pemilu.

Baca Juga: KPU Simalungun Antisipasi Masalah Penyaluran Logistik

“Saya berharap pelajar dapat menjadi contoh dalam menggunakan media sosial dengan bijak dan bertanggung jawab,” tambahnya.

Ia meminta para pelajar cerdas dalam menerima informasi dan tidak mudah terprovokasi serta menggunakan hak pilih dengan bijak dan berdasarkan informasi yang akurat.

“Mari bersama-sama kita sukseskan Pemilu 2024 dengan suasana yang aman, damai, dan sejuk,” tutupnya. (indra/hm22)

Related Articles

Latest Articles