19.8 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Juli Ini Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya Bakal Kedatangan Partai Baru

Jakarta, MISTAR.ID

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (Koalisi KIR) yang terdiri dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan kedatangan partai baru dalam bulan Juli 2023 ini.

Ini disampaikan Juru Bicara Partai Gerindra, Andre Rosiade di forum diskusi bertajuk Kemesraan Elite dan Otak-atik Pilpres di gedung DPR RI, pada Kamis (6/7/23).

“Juli ini bakal ada partai yang mendeklarasikan diri mendukung pak Prabowo dan bergabung dalam Koalisi KIR,” paparnya.

Baca juga: Gerindra Harapkan MK Teguhkan Pemilu 2024 dengan Sistem Proporsional Terbuka

Dikatakan Andre, jika pimpinan Partai Gerindra maupun PKB sudah berkomunikasi dan bersepakat jika koalisi yang dibentuk dapat menambah dukungan dari partai lain.

“Partai baru itu juga dilibatkan terkait pembahasan pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan diunggulkan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Sementara Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda, tak banyak bicara terkait partai yang mau bergabung ke koalisi tersebut. Dia hanya menyampaikan, agar masyarakat menunggu hingga akhir Juli untuk mengetahui partai politik (parpol) yang dimaksud.

Baca juga: Didukung Pemilih yang Setia, Prabowo Berpotensi Unggul di Pilpres 2024

Partai Gerindra telah menjagokan Ketua Umum (Ketum) nya, Prabowo Subianto sebagai Capres. Sedangkan PKB telah meminang Ketum mereka, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjadi pendamping Menteri Pertahanan (Menhan) itu.

Partai Amanat Nasional (PAN) juga mengusulkan nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi pendamping Prabowo. Ini terungkap setelah sebelumnya kedua partai bertemu di kantor DPP PAN, pada Senin (5/7/23 lalu). (tempo/hm16)

Related Articles

Latest Articles