18.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Jajak Pendapat Terkini, Prabowo dan Ganjar Bersaing Ketat, Sementara Anies Menurun

Jakarta, MISTAR.ID

Tingkat keterpilihan 3 orang Bakal Calon Presiden (Bacapres), yakni, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan terus mengalami dinamika perubahan sesuai hasil survei Poligov pada bulan September 2023

Poligov melakukan survei pada tanggal 5-11 September 2023, dengan besaran responden sebanyak 1.200 orang di 34 Provinsi se-Indonesia. Jajak pendapat berbasis nomor handphone (HP) dan pembatasan 1 Ip address. Margin kesalahan yang ditetapkan dalam survei itu adalah 2,8-3 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Poligov, Tri Andika, jajak pendapat yang dilakukan pada 5-11 September 2023, Prabowo dan Ganjar masih bersaing ketat dalam simulasi 3 nama Bacapres. Elektabilitas Prabowo sebesar 33,58 persen, Ganjar 33,08 persen dan Anies 15,83 persen.

Baca juga: Anies Baswedan Naik Motor ke Baintelkam Polri Urus SKCK

“Diperbandingkan dengan hasil jajak pendapat di bulan Juni, tren Prabowo dan Ganjar condong meningkat. Sementara Anies mengarah turun,” paparnya, seperti dirangkum, pada Senin (2/10/23).

Dalam simulasi head to head, Prabowo versus Ganjar, Menteri Pertahanan (Menhan) itu sukses unggul jauh. Prabowo memperoleh 44,7 persen, sementara eks Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tersebut mendapat 35,4 persen.

Di simulasi head to head, tampak sebagian besar pemilih Anies bergeser ke Prabowo. Selain itu, pemilih yang belum menentukan dukungan juga telah mulai berkurang, dari 21 persen di Mei, 18  persen di Juni dan 17,5  persen di September.

Walaupun pada simulasi pasangan bersama Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres), Ganjar-Ridwan Kamil dan Ganjar-Sandiaga Uno unggul dari Prabowo-Erick Thohir dan Prabowo-Gibran Rakabuming. Sementara itu, tandem Anies-Muhaimin tidak menunjukkan kejutan yang luar biasa.

Baca juga: Prabowo Bocorkan 2 Nama Mengerucut Mendampingi di Pilpres 2024

Prabowo-Erick Thohir 33,8 persen, Ganjar-Ridwan Kamil 36,9  persen, Anies-Muhaimin 13,8  persen, serta tidak memilih 15,5 persen. Prabowo-Gibran Rakabuming 30,7 persen, Ganjar-Sandiaga Uno 33,8  persen, Anies-Muhaimin 15,8  persen dan tidak memilih 19,7 persen.

Bagi posisi Bacawapres, jajak pendapat Poligov juga menjumpai pasca deklarasi Anies-Muhaimin oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta Partai Keadilan Sejahtera (PKS), hanya 7 persen dari pemilih partai besutan Surya Paloh tersebut yang mendukung Cak Imin sebagai Bacawapres. Malah sebagian besar pendukung Ketua Umum (Ketum) PKB itu berasal dari pemilih PKS sebesar 24,68 persen.

Sementara itu, 29 persen, pendukung Partai Gerindra condong memilih Erick menjadi pendamping Prabowo, hanya 11 persen mendukung Gibran. Pemilih PDI Perjuangan umumnya cenderung menginginkan Ridwan Kamil (27,9 persen) dibandingkan sosok lainnya. (cnbc/hm16)

Related Articles

Latest Articles