23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Ini Alasan Sampah APK Pemilu 2024 di Siantar Dikirim ke TPA

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Ribuan sampah Alat Peraga Kampanye (APK) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Kota Pematangsiantar dikirim pihak Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), pada Selasa (20/2/24).

Pengiriman sampah APK berjumlah total sekitar 2.930 pieces yang ditertibkan dari 8 kecamatan se-Kota Pematangsiantar itu, dilakukan secara bertahap dengan menggunakan truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup setempat.

Demikian disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat, Frenki Dermanto Sinaga saat bersama Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Ricky F Hutapea.

Baca juga:Bawaslu Siantar Minta Kantor Parpol Dekat TPS Sukarela Turunkan APK

Diceritakan Frenki, APK itu semuanya ditertibkan sejak masa tenang pada tanggal 11-13 Februari 2024 kemarin. Dan sebelum dikirim ke TPA, pihak Bawaslu sudah terlebih menyurati partai politik (parpol) agar datang mengambil APK nya masing-masing.

“Kita sudah sampaikan agar diambil, tapi mayoritas tidak mengambil. Sempat ada yang dibakar (dimusnahkan) di sini, tapi asapnya hitam kali, mengganggu tetangga. Itu makanya kita koordinasikan ke Dinas Lingkungan Hidup supaya diangkut ke TPA,” tutur Frengki seraya menyebut alasan APK itu dikirim ke TPA. (ferry/hm16)

Related Articles

Latest Articles