25.4 C
New York
Monday, August 26, 2024

Hari Ini Anies-Rano Karno Dipanggil ke DPP PDIP

Jakarta, MISTAR.ID

Dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024, diinformasikan PDIP Perjuangan bakal mengusung Anies Baswedan-Rano Karno menjadi calon gubernur dan wakil gubernur.

Menurut sumber, jika keduanya akan dipanggil ke kantor DPP PDIP, Jakarta, pada Senin (26/8/24) untuk menerima rekomendasi dari Ketua Umum (Ketum), Megawati Soekarnoputri.

“Pukul 11.00 WIB Anies bakal dipanggil dulu ke DPP PDIP,” kata sumber.

Baca juga:PDIP Tetap Daftarkan Anies ke KPU Ikuti Pilkada Jakarta

Sumber menuturkan, walaupun diusung sebagai calon gubernur DKI Jakarta, Anies bukan sebagai kader partai banteng itu.

Direncanakan hari ini, Megawati memang bakal mengumumkan beberapa bakal calon (balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung di Pilkada Serentak 2024. Pengumuman bakal ditayangkan di kanal YouTube dan laman Facebook PDIP hari ini dimulai pukul 13.00 WIB.

“Pengumuman bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah tahap 3 dari PDIP,” dikutip dari poster daring seperti dilansir dari akun Instagram @pdiperjuangan, pada Senin (26/8/24).

Peluang PDIP mencalonkan gubernur dan wakil gubernur di DKI Jakarta terbuka karena putusan MK nomor 60/PUU-XXII/2024. Sebelum putusan itu, PDIP tidak dapat mencalonkan siapa pun, sebab tak bisa membentuk koalisi yang memiliki minimal 20 persen kursi DPRD atau setara 22 kursi.

Baca juga:Jika PDIP Usung Anies atau Ahok, Seperti Ini Kajian Pengamat

Putusan itu juga memungkinkan eks gubernur sebagai wakil gubernur di daerah lain. Sebelumnya Rano Karno pernah menjadi Gubernur Banten periode 2015-2017. Pemeran ‘Si Doel’ di sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’ itu sebelumnya juga pernah sebagai Wakil Gubernur Banten, mendampingi Ratu Atut Chosiyah.

Sabtu (24/8/24), Anies mendatangi Kantor DPD PDIP Jakarta. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu bicara kans maju Pilkada DKI Jakarta 2024 dengan dukungan partai tersebut.

“Kita nantikan saja sampai teman-teman di PDIP menyampaikan pada saya. Pasti seluruhnya menunggu arahan dari Ibu Ketum Megawati. Saya menunggu,” ucap Anies, pada Minggu (25/8/24). (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles