19.8 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Hadiri Kultum di BEM UI, Rocky Gerung dan Haris Azhar Bahas Dinasti Politik

Jakarta, MISTAR.ID

Rocky Gerung dan Haris Azhar hadiri Kultum kebangsaan menyikapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan dinasti politik yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI).

Berdasarkan pantauan, beberapa tokoh masyarakat hadir untuk berbicara. Salah satunya adalah akademisi sekaligus pengamat politik, Rocky Gerung yang tiba di Lapangan Rotunda Kampus UI, Depok.

Dia memakai kemeja krem ​​dan celana jeans. Saat yang sama, pembicara lain juga hadir, seperti sutradara Lokataru Haris Azhar; Ekonom Faisal Basri; Bivitri Susanti, Pengajar Seklah Tinggi Hukum Indonesia Jentera sekaligus pakar hukum tata negara; serta Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang.

Baca juga : Media Asing Soroti Kiprah Politik Dua Kaki dan Dinasti Jokowi

BEM UI telah menyiapkan beberapa kursi di depan pintu masuk gedung kepala sekolah untuk para tamu. Sedangkan mahasiswa nongkrong di jalur melingkar di Lapangan Rotunda UI.

Sebelumnya, Ketua BEM UI Melki Sedek Huang mengatakan pihaknya akan menggelar Kultum kebangsaan menanggapi keputusan Mahkamah Konstitusi dan dinasti politik. Dijadwalkan hadir seluruh narasumber dan Titi Anggraini.

“Kami bersama Narsumber untuk membahas putusan MK kemarin dan politik dinasti,” kata Melki saat dikonfirmasi.

Baca juga : BEM SI Ajak Masyarakat Ikut Demonstrasi Terkait Putusan MK

Ia menyebut situasi politik dan hukum saat ini hingga diumumkannya putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 90/PUU-XXI/2023 tentang Batasan Usia Minimal Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, menjadi latar acara bertajuk ‘Kuliah Kebangsaan Kuliah untuk Melawan: Pengkhianat Konstitusi oleh Dinasti”.

“Putusan MK ini meresahkan masyarakat, terungkapnya pencalonan presiden dan wakil presiden juga menimbulkan kekhawatiran baru terhadap kondisi demokrasi dan konstitusi Indonesia,” tandas Melki. (tempo/hm18)

Related Articles

Latest Articles