25.7 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Elektabilitas AMIN Menempel Ganjar-Mahfud, PKB: Wujud Kekuatan Rakyat

Jakarta, MISTAR.ID

Tingkat keterpilihan pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) merangkak naik dan memepet ketat Ganjar Pranowo-Mahfud MD di survei Polling Institute.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan, melonjaknya elektabilitas pasangan nomor urut 1 di survei merupakan wujud dari kekuatan rakyat.

“AMIN sangat berterima kasih terhadap dukungan yang terus mengucur dan menguat,” sebut Ketua DPP PKB, Daniel Johan kepada awak media, Kamis (23/11/23).

Baca juga:Presidium Gerakan Rakyat untuk Perubahan Bertugas Menangkan AMIN di Daerah

Dirinya mengumpamakan bertambahnya elektabilitas pasangan AMIN ibarat kekuatan ‘bola salju rakyat’ yang terus menguat dan berkembang. Menurutnya, apabila bola salju itu terus menggelinding, maka AMIN berpotensi memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dalam 1 putaran.

“Ini bakal sebagai tenaga bola salju rakyat yang terus menguat dan membesar, AMIN siap sebagai pilihan alternatif untuk silent majority dan rakyat yang menganggap perlu pembaharuan keadaan hidup,” kata Daniel.

Lembaga survei Polling Institute mengeluarkan jajak pendapat terkait elektabilitas pasangan capres dan cawapres 2024. Di peragaan 2 paslon atau head to head, duet Ganjar-Mahfud unggul tipis atas pasangan yang diusung Koalisi Perubahan tersebut.

Baca juga:Elektabilitas AMIN di Atas, TPN Ganjar-Mahfud Tak Bimbang

Jajak pendapat ini dirilis pada Kamis (23/11), penentuan sampel dalam survei digelar lewat metode Random Digit Dialing (RDD). Ini merupakan trik memilih sampel via proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Metode RDD sampel sebanyak 1.496 responden dipilih melewati tahapan  pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi dan screening. Margin of error survei diprediksi ± 2.6% pada fase kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. Sementara tanya jawab dengan responden melalui telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Narasumber disuguhkan pertanyaan apabila Pilpres digelar saat ini, siapa yang akan ibu/bapak pilih menjadi presiden di antara pasangan nama berikut ini?

Baca juga:Ketum PP Muhammadiyah Berkeyakinan Ganjar-Mahfud Berdiri Tegak di Atas Konstitusi

25-28 Oktober 2023: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 33,3%, Ganjar Pranowo-Mahfud Md 46,9% dan TT/TJ 19,8%

15-17 November 2023: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 39,2%, Ganjar Pranowo-Mahfud Md 41,4% dan TT/TJ 19,4%

Simulasi kedua pasangan, Ganjar-Mahfud 41,4% sedikit unggul terhadap Anies-Muhaimin 39,2%. Basis Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dianggap bergeser ke Ganjar-Mahfud melorot dibanding temuan sebelumnya, sementara terhadap AMIN melonjakt. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles