19 C
New York
Sunday, September 29, 2024

DCT DPRD Simalungun Ditetapkan, PSI Terbanyak Keterwakilan Perempuan

Simalungun, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun mengumumkan sebanyak 545 Calon Legislatif (Caleg) yang masuk Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Dalam hal ini, mistar.id merangkum jumlah keterwakilan perempuan terbanyak dari jumlah calon yang ditetapkan KPU.

Pada urutan pertama, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memiliki calon keterwakilan perempuan terbanyak berdasarkan jumlah Caleg yang ditetapkan. Partai yang saat ini dipimpin putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini memiliki 24 Caleg dan 11 di antaranya adalah perempuan.

Baca juga:KPU Simalungun Umumkan DCT DPRD, 545 Orang Bertarung di 6 Dapil

Kemudian di urutan kedua adalah Partai Amanat Nasional (PAN). Partai yang dipimpin Zulkifli Hasan ini memiliki jumlah Caleg 18 dan 8 di antaranya adalah perempuan.

Di urutan selanjutnya adalah partai yang saat ini dipimpin Oesman Sapta yakni, Hati Nurani Rakyat (Hanura) dengan jumlah Caleg 35 orang dan 15 di antaranya perempuan. Kemudian Partai Bulan Bintang (PBB) dengan 5 Caleg dan 2 merupakan perempuan.

Hal di atas diketahui dari website KPU Kabupaten Simalungun yang membagikan salinan file pdf pengumuman DCT yang ditandatangani Ketua KPU Simalungun, Johan Septian Pradana, tertanggal hari ini, Sabtu 4 November 2023.

Baca juga:KPU Kota Padangsidimpuan Tetapkan DCT Pemilu 2024

Berdasarkan salinan tersebut, diketahui juga jumlah Caleg dari partai dipimpin Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau kerap disapa Cak Imin yakni, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berjumlah 46 orang, dan 18 di antaranya merupakan perempuan.

Selanjutnya partai dinahkodai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yakni, Partai Demokrat jumlah Caleg 50 dengan rincian 31 laki-laki dan 19 perempuan. Selanjutnya Partai Ummat dengan 13 Caleg dan 5 adalah perempuan.

Lalu Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia dengan 24 Caleg, dimana 9 perempuan. Kemudian Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 29 Caleg dan 10 merupakan perempuan.

Baca juga:Hasil DCT Kota Medan, 829 Caleg Akan Bertarung di Pemilu 2024

Kemudian Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dipimpin Calon Presiden (Capres) dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan diketuai Presiden ke 5 Megawati Soekarnoputri, serta partai besutan Hary Tanoesoedibjo yakni, Perindo memiliki jumlah yang sama yakni, terdiri dari 50 Caleg dimana 17 adalah perempuan.

Pada urutan selanjutnya Partai Buruh dengan 3 Caleg dan memiliki 1  perempuan. Lalu partai dikomandoi Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto yaitu, Parta Golkar juga memiliki 50 Caleg dan 16 orang adalah perempuan. Kemudian partai yang mencalonkan Anies Baswedan sebagai Capres yakni, Partai NasDem dengan jumlah Caleg 49, dengan rincian 15 perempuan.

Selanjutnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ada 47 Caleg, dengan rincian 33 laki-laki dan 14 perempuan. Berikutnya, Partai Garda Republik Indonesia (Garuda) dengan 2 Caleg laki-laki. Sedangkan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) tidak memiliki Caleg pada Pemilihan Legislatif (Pileg) mendatang. (indra/hm16)

Related Articles

Latest Articles