23.3 C
New York
Sunday, September 1, 2024

Daftar Nama Petahana Wilayah Sumut yang Maju di Pilkada 2024

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Masa pendaftaran pasangan calon (Paslon) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah telah berakhir.

Berdasarkan penelusuran mistar.id, pada Jumat (30/8/24) pada, sejumlah kepala daerah dan wakil kepala daerah Petahana kembali mencalonkan dirinya baik sebagai calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah. Namun ada juga yang tidak maju lagi karena tidak dapat ‘kapal’ partai, atau sudah dua periode menjabat.

Bahkan ada kepala daerah atau Bupati Petahana yang maju mencalonkan untuk menjadi Wakil Gubernur, yakni Surya yang menjabat sebagai Bupati Asahan. Ia akan mendampingi Petahana Wali Kota Medan yaitu Bobby Nasution yang maju mencalonkan untuk menjadi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu).

Kemudian Edy Rahmayadi menggandeng Hasan Basri Sagala untuk maju sebagai Paslon Gubsu dan wakilnya. Sedangkan Musa Rajekshah yang merupakan Wakil Gubernur Sumatera Utara, tidak maju di Pilkada 2024 ini.

Sementara Taufik Zainal Abidin yang merupakan Petahana Wakil Bupati Asahan bertarung kembali di Pilkada Kabupaten Asahan 2024. Taufik yang mencalon jadi Bupati Asahan berpasangan dengan Rianto berpotensi melawan kotak kosong pada Pilkada 27 November 2024 mendatang.

Baca juga: Hasil Tes Kesehatan 5 Bapaslon Pilkada Dairi Diterima KPU Maksimal 5 September

Selanjutnya, Zahir bertarung kembali di Pilkada Kabupaten Batubara. Ia mencalon lagi untuk jadi Bupati Batubara berpasangan dengan Aslam Rayudah. Sedangkan Wakil Bupati Batubara yaitu H Oky Iqbal Frima bertarung kembali jadi Wakil Bupati berpasangan dengan Darwis.

Ada juga nama Eddy Keleng Ate Berutu yang bertarung kembali di Pilkada 2024 menjadi Bupati Dairi, berpasangan dengan Depriwanto Sitohang.

Kemudian H Ashari Tambunan dan HM Ali Yusuf Siregar sama-sama bertarung kembali di Pilkada 2024 untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Deli Serdang.

Sementara itu di Pilkada Kabupaten Humbang Hasundutan, Bupati Petahana yakni Dosmar Banjarnahor tidak bisa mencalon lagi karena sudah dua periode menjabat Bupati. Sedangkan Wakilnya, yakni Oloan Paniaran Nababan mendaftarkan diri sebagai calon Bupati Humbang Hasundutan berpasangan dengan Yunita Rebekka Marbun.

Related Articles

Latest Articles