10.2 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Daftar di Hari Terakhir, Demokrat Sumut Siapkan Kader Terbaik di Pileg 2024

Medan, MISTAR.ID

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Sumatera Utara (Sumut) menargetkan 19 kursi di DPRD Sumut, pada pemilihan legislatif (Pileg) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Ketua DPD Demokrat Sumut Muhammad Lokot Nasution mengatakan, untuk DPRD Provinsi Sumut, mereka mengirimkan 100 kader terbaik Partai Demokrat untuk bertanding dengan lineup kader partai lainnya.

“Hari ini ada 100 orang kader terbaik kami daftarkan,” ujar Lokot ditemui usai menyerahkan berkas pendaftaran di KPUD Sumut, Minggu (14/5/23).

Didampingi Sekretaris DPD Demokrat Sumut Yudha Johansyah, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sumut yang juga Bendahara Demokrat Sumut, Lokot menargetkan sebanyak 19 kursi karena telah dikaji dan dihitung secara realistis.

“Kenapa tidak 20 kursi? Secara psikologis ini ada hitungannya dan kalau kita bilang 20 kursi, terlalu over confidence orang bilangnya,” katanya.

Lokot memastikan dari 100 Bacaleg yang didaftar ke KPUD Sumut, terdapat 30 persen kouta perempuan di dalamnya. Partai berlambang Mercy itu juga memberi porsi kaum milenial untuk daftar sebagai Bacaleg.

“Kalau untuk 33 DPRD Kabupaten/Kota di Sumut, kita mendaftarkan 1.125 Bacaleg, dengan memasang target 146 kursi. Kami berani menggabungkan bahwa Partai Demokrat adalah partai perubahan. Kami dijaga oleh etik pak SBY,” katanya.

Lokot mengatakan, Demokrat Sumut juga mengirimkan kader-kader terbaiknya untuk bertarung di Pileg untuk DPR RI, seperti mantan Wali Kota Medan Akhyar Nasution. Termasuk Sekretaris DPD Demokrat Sumut, Yudha Johansyah.

Baca juga : Kala Ketua DPD Demokrat Sumut Bicara Pemilu 2024, Singgung AHY Dampingi Anies Baswedan di Pilpres

Namun, Lokot enggan membeberkan berapa target kursi DPR RI dapil Sumut, untuk mendongkrak suara partai secara nasional.

Lokot mengungkapkan, seluruh Bacaleg yang didaftarkan telah dilakukan verifikasi dan penjaringan, baik tingkat provinsi hingga kabupaten/kota di Sumut, sesuai  arahan dan bimbingan dari Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Semua Caleg yang kita ajukan adalah andalan kami semua, untuk bertanding dengan lineup partai lainnya. Sudah kami uji dan kami hitung di setiap jenjang DPRD Kabupaten/kota, Provinsi maupun DPD RI,” ungkapnya.

Baca juga : DPD Demokrat Sumut Targetkan 6 Kursi di DPR RI Pada Pemilu 2024

Lokot menjelaskan, sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) secara administrasi, DPD Demokrat mendaftarkan Bacaleg untuk DPRD Sumut dan KPU Sumut berkas lengkap.

“DCS (Data Caleg Sementara) sendiri baru diumumkan Agustus 2023. DCT (Data Caleg Tetap) nanti di Oktober 2023 dan kampanye dimulai pada November 2023.

Sebelum waktu itu kami masih menunggu suara-suara perubahan yang ingin bergabung bersama partai Demokrat,” pungkasnya. (ial/hm19)

Related Articles

Latest Articles