22.7 C
New York
Saturday, August 31, 2024

Coklit Sudah 100 Persen, KPU Medan Masih Proses Validasi Data

Medan, MISTAR.ID

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Mutia Atiqah menyebut bahwa saat proses pencocokan dan penelitian (Coklit) sudah selesai 100 persen.

Berdasarkan data yang diberikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan, saat ini KPU Medan sudah melakukan Coklit terhadap 1.853.458 orang.

“Jadi saat ini kita masih proses validasi data,” ucap Mutia saat dikonfirmasi Mistar, Jumat (26/7/24).

Baca juga: Coklit Pemilih Selesai, KPU Siantar Proses ke Sidalih

Dijelaskannya, setelah proses validasi selesai, selanjutnya pihaknya akan mengumumkan daftar pemilih sementara (DPS) sebelum akhirnya menentukan daftar pemilih tetap (DPT).

“Biasanya hasil Coklit, DPS dan DPT itu tidak jauh-jauh. Paling berkurang sekitar ribuan orang. Itu disebabkan adanya yang berpindah tempat ataupun meninggal dunia,” jelasnya.

Untuk yang meninggal dunia, kata Mutia, nantinya masyarakat juga harus bisa menunjukkan surat kematiannya. Hal itu untuk memastikan jumlah DPT dalam Pilkada Serentak 2024.

Baca juga:KPU Sumut: Proses Coklit Manual Sudah 100 Persen

“Harus ada suratnya, itu untuk pegangan kita (KPU Medan) agar tidak disertakan dalam DPT. Saat ini petugas Pantarlih kita juga sudah memegang data yang berpindah maupun meninggal dunia,” katanya.

Mutia mengungkapkan, bahwa pihaknya akan mengumumkan DPS pada bulan Agustus 2024.

“Mungkin di minggu kedua bulan Agustus kita umumkan DPS. Setelah itu kita tetapkan DPT. Pastinya DPT sudah ada sebelum pendaftaran di 27-29 Agustus 2024,” pungkasnya. (rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles