23.8 C
New York
Friday, July 26, 2024

Cak Imin Yakini Pilpres 2024 Berlangsung 2 Putaran

Jakarta, MISTAR.ID

Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin optimis Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bakal berlangsung 2 putaran.

Wakil Ketua DPR RI ini menyatakan, dengan konstelasi politik hari ini, kompetisi Pilpres 2024 susah untuk selesai cuma dalam 1 putaran.

“Tidak mungkin, jika saya ingin percaya diri bisa 1 putaran. Namun apabila lihat hasil survei yang ada, pasti 2 putaran,” sebutnya dalam podcast What The Fact Politics CNN Indonesia, yang tayang, pada Kamis (9/11/23).

Baca juga:Berkas Pendaftaran Anies Baswedan-Cak Imin Sudah Lengkap

Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menuturkan, sesuai hasil jajak pendapat baru-baru ini setiap pasangan calon bersaing dengan ketat. Semuanya bisa meraup tingkat keterpilihan yang sama rata atau  flat, yakni sekitar 30 persen.

“Usai melihat hasil survei ternyata ya seluruhnya flat ya, 30 persen. Kalau flat begitu kan sukar untuk 1 putaran, susah,” paparnya.

Sesuai osal 6A ayat (3) pasangan capres-cawapres wajib memenangkan kontestasi dengan raihan suara lebih dari 50 persen, serta mendapat sedikitnya 20 persen suara di masing-masing provinsi dan lebih dari setengah total provinsi yang ada.

Baca juga:Anies Baswedan dan Cak Imin Resmi Daftar ke KPU, 2.000 Personel Disiagakan

Jika tak ada pasangan yang mendapat suara seperti dalam pasal 6A ayat 3 UUD 1945, maka digelar Pilpres putaran kedua.

Pasangan yang mendulang suara terbanyak pertama dan kedua kembali bersaing memperebutkan suara terbanyak. Sementara pasangan yang meraih suara paling sedikit tersingkir dan tak ikut lagi di putaran kedua.

Kemudian pasangan yang mendapat suara terbanyak di putaran kedua dinyatakan menjadi pemenang. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles