17.8 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Cak Imin Dianggap Lawan Berat saat Debat Cawapres, Begini Kata Mahfud

Jakarta, MISTAR.ID

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD menilai bahwa semua lawan dalam debat cawapres yang akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (22/12/23) sama-sama beratnya.

Hal ini diungkapkan Mahfud saat dimintai tanggapan atas pernyataan Tim Nasional (Timnas) pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) yang menyinggung bahwa lawan berat mereka adalah Mahfud MD.

Namun, sebelum menjawab dua kandidat yang menjadi lawan berat, Mahfud lebih dulu mengakui lawan beratnya adalah Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Baca juga : Didapuk Jadi Ketua TPD Ganjar-Mahfud, Samrin Girsang Akan Bentuk Tim di Kecamatan

“Lawan paling berat saya ya Cak Imin,” sebut Mahfud di Jakarta Pusat, Jumat (15/12/23).

Namun, Mahfud kemudian mengatakan, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka juga termasuk lawan yang berat.

Oleh sebab itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) ini berpandangan bahwa cawapres nomor urut 1 dan 2 sama-sama lawan yang berat.

“Mas Gibran, Cak Imin, sama berat lah,” ujar Mahfud.

Dilansir dari KompasTV, Timnas Anies-Muhaimin optimistis Cak Imin dapat tampil baik dalam debat kedua pada 22 Desember 2023 mendatang.

Isu yang diangkat dalam debat yang dikhususkan untuk cawapres itu adalah bidang ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), infrastruktur, dan perkotaan.

Juru Bicara Timnas Amin, Angga Putra Fidrian mengatakan, Muhaimin sudah mendapat gambaran mengenai debat kedua nanti akan berjalan seperti apa dari melihat jalannya debat pertama pada Selasa malam (12/12/2023) lalu.

“Karena Beliau punya rekam jejak yang panjang dalam konteks aktivisme, dari mahasiswa, debat-debat di DPR, di MPR,” ujar Angga di Sekretariat Timnas AMIN, Rabu (13/12/2023).

Dia mengatakan, Cak Imin sudah mengerti isu ekonomi yang diangkat dalam debat kedua nanti.

Oleh karenanya, persiapan yang dilakukan saat ini adalah mendorong ciri khas Muhaimin saat tampil ataupun menjawab pertanyaan panelis maupun kandidat lain.

Angga mengatakan, ciri khas menjadi penting untuk mengingatkan pemilih mengenai jawaban-jawaban serta program-program yang akan digagas Anies-Muhaimin jika memimpin Indonesia pada 2024-2029.

“Beliau punya kapasitas itu. Mungkin tinggal dicari ya jadi ciri khas Cak Imin itu gimana. Tapi saya sih percaya, lawan berat Cak Imin cuma Mahfud MD,” kata Angga. (kompas/hm18)

Related Articles

Latest Articles