17.6 C
New York
Friday, May 17, 2024

Bawaslu Sumut: Pengawas Partisipatif Lahir dari Mahasiswa

Medan, MISTAR.ID

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatra Utara (Sumut), Payung Harahap menilai kegiatan Dukung dan Kawal Pemilu 2024 oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjadi sebuah gerakan baru yang sangat bermanfaat untuk masyarakat dan Bawaslu itu sendiri.

“Bawaslu Sumut mengapresiasi gebrakan yang dilakukan oleh Fisip UMSU,” ujar Payung di akhir acara saat dijumpai awak media di depan Fakultas FISIP UMSU, Jumat (12/1/24).

Menurut Payung Harahap, keberadaan lembaga dan organisasi seperti Fisip UMSU membantu dalam menciptakan pengawas partisipatif yang lahir dari masyarakat, termasuk kelompok organisasi mahasiswa.

Kehadiran gebrakan tersebut membantu Bawaslu Sumut, terutama dalam hal mendapatkan informasi terkini. Dengan adanya keterlibatan ini, Bawaslu dapat lebih cepat mengetahui dan mengatasi potensi pelanggaran yang mungkin terjadi selama proses Pemilu.

Baca juga: Bawaslu Taput Cabuti APK Caleg yang Dipasang di Fasilitas Pemerintah

“Memang kita memiliki pengawas partisipatif lahirnya dari masyarakat, kelompok organisasi mahasiswa, kelompok organisasi masyarakat. Hadirnya organisasi tersebut dapat membantu bawaslu sumut dalam segi informasi sehingga nanti pihak bawaslu mengetahui proses pelanggaran yang terjadi selama pemilu,” jelasnya.

Selain itu, inisiatif ini tidak hanya mendorong pengawasan dari Bawaslu saja, tetapi juga melibatkan partisipasi aktif masyarakat secara luas.

“Upaya Fisip UMSU untuk berpartisipasi dan menjadi pelopor serta pelapor dalam pemilu menjadi bukti nyata bahwa keberhasilan pengawasan bukan hanya tanggung jawab Bawaslu, melainkan juga kewajiban bersama seluruh elemen masyarakat,” tambahnya.

Dengan demikian, Fisip UMSU tidak hanya menjadi contoh pelopor yang membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Pemilu yang bersih dan adil, tetapi juga menjadi bagian integral dari proses demokrasi yang berkelanjutan.

Baca juga: Bawaslu Taput Cabuti APK Caleg yang Dipasang di Fasilitas Pemerintah

Langkah-langkah ini memberikan inspirasi dan dorongan positif untuk meningkatkan partisipasi dan integritas seluruh pemangku kepentingan dalam Pemilu 2024.

“Kita memiliki tagline Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu untuk menegakkan keadilan Pemilu. Ini mendorong bukan hanya pengawasan dari bawaslu saja namun dari masyarakat. bukti nyata fisip umsu untuk berpartisipasi, jadi contoh pelopor dan pelapor,” tutupnya. (Khairul/hm20)

Related Articles

Latest Articles