12.1 C
New York
Tuesday, October 8, 2024

Bawaslu Sumut Launching Kampung Pengawasan Partisipatif di Desa Marbau Labura

Labura, MISTAR.ID

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut meluncurkan Kampung Pengawasan Partisipatif di Labuhanbatu Utara (Labura), Selasa (8/10/24). Lokasinya berada di Dusun IX Sukamaju, Desa Marbau Selatan, Kecamatan Marbau.

Ketua Bawaslu Sumut diwakili Joko Arief Susilo dalam sambutannya menyebutkan, Kampung Pengawasan ini merupakan program unggulan dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya pemula agar memberikan hak pilihnya.

Dijelaskannya, Bawaslu Sumut memiliki tiga program unggulan dalam rangka pengawasan partisipatif yakni Kampung Pengawasan, Bawaslu Goes To Campus/School dan Konsolidasi Pengawas Partisipatif.

“Kegiatan seperti ini dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di Sumut,” ungkapnya dalam acara yang dihadiri Komisioner Bawaslu Sumut Suhadi Sukendar Situmorang dan tiga komisioner Bawaslu Labura.

Baca Juga : Bawaslu Labuhanbatu Launching Kampoeng Pengawasan Partisipatif Pilkada Serentak 2024

Pada acara itu, Joko juga mengajak masyarakat untuk menghindari money politik, menolak isu SARA dan berita hoax. Sebab, hal tersebut dapat merusak penegakan proses demokrasi yang akan dilaksanakan.

Pjs Bupati Labura Mulyono dalam sambutan yang dibacakan Camat Marbau Mhd Ali menyebutkan, pembentukan Kampung Pengawasan sebagai bagian dari program pengawasan dan poros dalam pengawasan partisipatif di setiap kelurahan/desa di Labura.

Diharapkannya, Kampung Pengawasan itu agar menjadi pedoman atau referensi dalam meningkatkan partisipasi pemilih untuk memberikan hak suaranya pada pelaksanaan pemilihan bupati/wakil bupati serentak pada 27 November mendatang. (sunusi/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles