8.9 C
New York
Monday, October 28, 2024

Bawaslu Samosir Luncurkan Indeks Kerawanan Pilkada 2024 dan Ajak Masyarakat Ikut Mengawasi

Samosir, MISTAR.ID

Bawaslu Samosir mengadakan rapat koordinasi bersama para pemangku kepentingan serta meluncurkan Indeks Kerawanan Pilkada Tahun 2024, Senin (28/10/24).

Komisioner Bawaslu Samosir, Jonsen Situmorang dalam kesempatan itu mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pilkada melalui penyampaian informasi dan pelaporan terkait kerawanan yang teridentifikasi.

Ia menegaskan bahwa masyarakat dapat menyampaikan informasi dan memberikan sumbangsih pemikiran tentang potensi kerawanan dalam proses Pilkada dan cara-cara menanganinya.

Komisioner Bawaslu Samosir lainnya, Rianto Nainggolan turut memberikan saran dan ide dalam menghadapi Pilkada 2024. Dia menyampaikan harapan agar Pilkada berlangsung aman dan tertib, karena tanggung jawab kelancaran demokrasi ada di tangan semua pihak.

Baca Juga : Bawaslu Samosir Ajak Masyarakat Awasi Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati

Rianto juga mengimbau supaya masyarakat agar tidak takut melaporkan pelanggaran yang ditemukan karena Bawaslu berkomitmen menangani setiap laporan sesuai aturan yang berlaku.

Kepala Kejaksaan Negeri Samosir, Karya Graham Hutagaol yang hadir dalam acara itu menekankan pentingnya demokrasi sebagai kekuasaan yang berasal dari rakyat. Menurutnya, Pemilu merupakan wujud dari demokrasi yang diawasi oleh lembaga seperti Bawaslu. Graham mengingatkan tentang kerawanan dalam tahapan Pilkada, seperti politik uang dan pelanggaran netralitas ASN, yang membutuhkan keberanian dari pihak pengawas.

Kasat Reskrim Polres Samosir, Iptu Eduard Sidauruk, menekankan bahwa pihaknya hadir untuk menjaga keamanan dan keterlibatan masyarakat. Ia mengajak masyarakat agar tidak mudah terhasut dan mengutamakan informasi yang akurat.

Acara ini mendapat perhatian besar dengan kehadiran sejumlah pemangku kepentingan, termasuk tokoh masyarakat dari sembilan kecamatan, yang diharapkan dapat berperan aktif menjaga keamanan dan integritas Pilkada di daerah mereka. (pangihutan/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles