18.7 C
New York
Thursday, September 26, 2024

Bawaslu Ingatkan ASN Pemko Sibolga Jaga Netralitas

Sibolga, MISTAR.ID

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menekankan, memasuki masa kampanye yang dimulai 25 September 2024, Wali Kota Sibolga agar memberikan tindakan tegas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) bila terbukti terlibat dalam berkampanye pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Kami menghimbau kepada Pemerintah Kota Sibolga harus menjaga netralitas ASN. Pasangan calon (Paslon) juga jangan libatkan ASN, kita menghimbau ASN tetap netral, jika ada ASN terlibat berkampanye, kami berharap Pak Walikota agar melakukan penindakan,” ujar Sio Bangun Marganda Sinaga Komisioner Bawaslu Kota Sibolga saat mengikuti acara Deklarasi Kampanye Damai di Gedung Nasional Sibolga, Selasa (24/9/24) malam.

Sio Bangun menegaskan, pihaknya berharap dalam proses berjalannya tahapan demi tahapan Pilkada Kota Sibolga dapat berlangsung aman tanpa ada keributan.

“Bawaslu berharap, paslon sama-sama menjaga kondusifitas, sama-sama menjaga berjalannya Pilkada ini damai, aman dan lancar,” ucapnya.

Baca juga: Paslon Bagi-bagi Uang saat Deklarasi Damai, Sikap Bungkam Bawaslu dan KPUD Siantar Disesalkan

Menurutnya, Bawaslu Kota Sibolga siap mengawasi berjalannya Pilkada Kota Sibolga. Untuk itu, Sio meminta seluruh Paslon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga untuk dapat sepakat mewujudkan Pilkada Sibolga yang aman.

“Bawaslu Kota Sibolga siap mengawasi berjalannya Pilkada Kota Sibolga, sama-sama kita menjaganya. Bawaslu juga tidak bisa berjalan sendiri, kami berharap kepada bapak dan ibu Paslon dan pendukung tetap saling menjaga,” harapnya.

Ia juga mengingatkan, saat berlangsungnya tahapan Kampanye, seluruh Paslon Wali Kota da Wakil Wali Kota Sibolga juga diharapkan mematuhi PKPU 13 tahun 2024.

“Mulai tanggal kampanye adalah tanggal 25, ikuti sesuai peraturan perundang-undangan yang telah dibuat oleh KPU RI yang diatur dalam PKPU 13 tahun 2024. Mana larangan-larangan dalam kampanye jangan dilakukan,” imbaunya.

Baca juga: Bawaslu Sumut Launching Peta Kerawanan Pemilu, Sumut Kategori Sedang

Sio Bangun juga mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Sibolga dan Kajari Sibolga yang merupakan mitra dari Bawaslu dalam Gakumdu.

“Terimakasih kepada bapak Kapolres mitra kami dalam Gakumdu, begitu juga Kejari Sibolga. Mari kita sukseskan Pilkada Kota Sibolga dengan aman, damai dan lancar sehingga kita mempunyai Walikota yang dipilih oleh rakyat berdasarkan demokrasi,” tutupnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Pembangunan dan Umum Pemko Sibolga Haslan Efendy menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan selama proses kampanye.

Ia juga mengingatkan pentingnya kampanye yang bermartabat dan edukatif, yang menekankan stabilitas keamanan, ketertiban, serta peran aktif masyarakat. Selain itu, ia juga menyoroti pentingnya netralitas ASN dalam proses Pilkada ini.

“Berbeda pilihan dalam pesta demokrasi adalah hal yang wajar, namun perbedaan tersebut tidak boleh mengganggu persatuan dan kesatuan kita dalam berbangsa dan bernegara. Mari kita hindari provokasi dan ketegangan antar pendukung,” sebut Haslan. (feliks/hm25)

Related Articles

Latest Articles