23.3 C
New York
Monday, August 5, 2024

Anies Baswedan Janji Tingkatkan Anggaran BRIN Jika Terpilih Jadi Presiden

Jakarta, MISTAR.ID

Bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan berjanji akan meningkatkan anggaran Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) jika terpilih sebagai presiden dalam Pemilihan Presiden 2024.

“Iya. Kita rencanakan untuk menaikkannya. Kenaikan tersebut akan dilakukan secara bertahap, seiring dengan peningkatan produktivitas di bidang penelitian, sehingga dapat berjalan seiring dengan peningkatan ini,” jelas Anies di Gedung BRIN, Jakarta Selatan, Kamis (5/10/23).

Anies telah mendengar keluhan dari para peneliti BRIN mengenai anggaran riset yang terbatas. Menurutnya, anggaran riset di Indonesia masih jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Baca juga: Konstelasi Satelit Digital Dikembangkan oleh BRIN

“Anggaran untuk riset, jika kita melihat dari proporsi, masih jauh di bawah negara-negara lain,” tambah Anies.

Peningkatan anggaran untuk penelitian merupakan hal yang sangat diperlukan. Menurutnya, inovasi yang dihasilkan oleh para peneliti memiliki potensi untuk mendorong Indonesia menjadi negara maju.

“Saya ingin menekankan, anggaran untuk penelitian riset harus terus meningkat. Ini juga harus didorong agar para peneliti terus melakukan inovasi, karena inovasi adalah kunci untuk kemajuan bangsa kita. Investasi dalam kualitas sumber daya manusia sangat penting, termasuk dalam aspek kesehatan dan pendidikan, serta kemampuan untuk melakukan penelitian,” bebernya. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles