9.3 C
New York
Saturday, May 4, 2024

AHY Tak akan Usulkan Nama Cawapres di Rapat Koalisi Prabowo Malam Ini

Jakarta, MISTAR.ID

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disebut tak akan mengusulkan nama Calon Wakil Presiden (Cawapres) dalam rapat para Ketua Umum (Ketum) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Jumat (13/10/23) malam.

Kepala Bappilu Partai Demokrat Andi Arief mengatakan, partainya telah menyerahkan sepenuhnya urusan Cawapres ke Prabowo Subianto. Oleh karena itu, dalam rapat malam ini, partainya tak akan mendukung atau mengusulkan nama Cawapres, termasuk dari nama yang sudah beredar.

“Menyerahkan pada Capres,” ucap Andi.

Sementara itu, Kepala Bakomstra Demokrat Herzaky Putra Mahendra memastikan AHY akan hadir dalam rapat yang rencananya akan digelar di kediaman Prabowo, Jalan Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Hal itu disampaikan Herzaky usai AHY memimpin rapat pleno jajaran pengurus pusat partainya hari ini. Menurut dia, AHY akan menyampaikan sejumlah masukan dan usulan kepada koalisi dalam rapat malam ini. Namun, dia tak mengungkap apakah masukan tersebut salah satunya terkait Cawapres.

“Apakah nanti malam akan membahas Cawapres, mungkin saja. Tapi itu tanahnya ketua umum untuk menjelaskan,” kata Herzaky.

Baca Juga : Soal AHY Akan Diusung Jadi Cawapres Jika Bergabung KIM, Begini Kata Partai Demokrat

Prabowo merupakan Capres yang diusung oleh tujuh partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM), yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gelora, PAN, PBB, dan Partai Garuda.

Sejauh ini ada empat nama kandidat kuat yang disebut-sebut bakal mendampingi Prabowo di Pemilu 2024. Keempat nama itu yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang diusung oleh Partai Golkar, Menteri BUMN Erick Thohir yang diusung oleh PAN.

Dua kandidat lainnya yakni Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Nama Gibran juga menguat seiring jadwal putusan gugatan batas usia capres cawapres Senin pekan depan. (cnn/hm24)

Related Articles

Latest Articles