20.9 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Jamin Keamanan Pemilu 2024, Polda Sumut Gelar Simulasi Sispamkota

Medan, MISTAR.ID

Dalam upaya menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, maupun proses yang telah berjalan tahun 2023, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menggelar pelatihan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).

Kegiatan ini berlangsung di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara, Jalan Perintis Kemerdekaan No 35, Kota Medan, pada Jumat (13/10/23). Pelatihan ini melibatkan berbagai pihak untuk menjaga keamanan selama Pemilu.

Pantauan mistar.id di lapangan, suasana yang tampak serius sejak kegiatan dimulai sekitar pukul 14.20 WIB.

Baca juga: Polda Sumut Gelar Sispam Kota Jelang Pemilu 2024

Tujuan simulasi ini, memastikan seluruh aspek keamanan terkait Pemilu 2024, memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta anggota legislatif dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Keselamatan masyarakat dalam proses pemilihan adalah prioritas utama yang tidak boleh diragukan. Semua pihak yang terlibat dalam pelatihan ini berkomitmen kuat untuk menjaga integritas dalam pelaksanaan proses demokrasi.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi pada kesempatan itu menyampaikan, kesiapan aparat Kepolisian dalam mengamankan Pemilu 2024.

Baca juga: Sukseskan Pemilu 2024, Kapolres Siap Berkolaborasi dengan Bawaslu Pematang Siantar

“Kita tentu sudah memahami, proses Pemilu sudah berjalan. Polda Sumut sudah menyiapkan pasukan untuk pengamanan,” ujarnya saat konferensi pers bersama awak media.

Dalam simulasi ini, pihak Kepolisian berkolaborasi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), menunjukkan kesiapan mereka dalam menghadapi segala potensi ancaman atau gangguan selama pesta demokrasi itu berlangsung.

Hadir dalam kegiatan itu, Penjabat (Pj) Gubernur diwakili Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumut, Wakapolda Sumut, Kasdam I/BB, Ketua DPRD, Baskami Ginting, Komisioner KPU Sumut dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

Baca juga: Persiapan Pengamanan Pemilu 2024, Polda Sumut Gelar Pra Operasi Mantap Brata Toba

Dalam hal ini, Agung juga menyampaikan harapannya, agar pelatihan simulasi Sispamkota dapat meningkatkan kemampuan aparat keamanan dalam merespons berbagai situasi, serta memastikan keselamatan masyarakat ketika mereka berpartisipasi dalam proses pemilihan nanti.

Menurutnya, keamanan seluruh warga dalam Pemilu adalah tanggung jawab bersama yang tidak boleh diabaikan. “Semoga pasukan dapat menjalankan dan bersiap siaga dalam melakukan tugasnya terutama dalam Pemilu 2024,” tutup Kapolda. (khairul/hm16)

Related Articles

Latest Articles