12.9 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Warga Lokal Labuan Bajo Kembali Digigit Komodo

Labuan Bajo, MISTAR.ID

Kasus komodo kembali menggigit warga lokal Labuan Bajo kembali terjadi. Kali ini seorang warga asal Loh Lawi, Kampung Komodo, Pulau Komodo, Kecamatan Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamaruddin (45) digigit di bagian betis kirinya, Rabu (1/11/23).

Tim SAR Gabungan Labuan Bajo langsung mengevakuasi medis terhadap Kamarudin dari Pulau Komodo. Dari informasi yang diperoleh, Kamaruddin digigit komodo ketika ia ingin kembali ke rumah setelah mencari asam di sekitar Kampung Komodo.

“Korban dibawa ke rumah sakit sekitar pukul 14.30 Wita. Korban digigit sekitar pukul 12.30 wita setelah pulang mencari asam. Korban berangkat dari rumahnya pagi hari, pukul 08.00 Wita,” jelas Kepala Kantor Basarnas Maumere, Supriyanto Ridwan.

Setelah mendapat laporan dari warga, masih kata Supriyanto, Tim SAR Gabungan langsung menuju lokasi menggunakan Kapal RIB Pos SAR Manggarai Barat lengkap dengan peralatan medis darurat.

Baca juga: IRT Digigit Komodo di NTT

“Setelah mendapat pertolongan pertama, selanjutnya korban dibawa ke salah satu rumah sakit swasta di Labuan Bajo menggunakan ambulans Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Labuan Bajo,” jelasnya.

Ini bukan kali pertama warga setempat digigit komodo. Pada Oktober lalu, seorang warga di Kampung Wae Rebo, Pulau Rinca, NTT juga terluka karena digigit komodo saat berada di depan rumahnya.

Menanggapi peristiwa ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan dibutuhkan keterlibatan ahli konservasi dan pemerhati lingkungan hidup dalam kasus ini.

Related Articles

Latest Articles