20.2 C
New York
Friday, May 10, 2024

Lewat Pengolahan Tanah Gratis, Taput Masuk Top 10 I-Sim For Regencies 2023

Taput, MISTAR.ID

Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mendapat nominasi sebagai Top 10 Kabupaten Program I-Sim For Regencies 2023. Pada acara yang digelar di Graha Surveyor Indonesia tersebut, nama Kabupaten Taput masuk nominasi 10 besar.

Bupati Taput Nikson Nababan mengatakan, tim juru melakukan penjurian akhir terhadap 103 kabupaten. Sementara hasil penjurian Top 10 Kabupaten, akan menetapkan juara 1, 2 dan 3 yang akan diumumkan saat acara  SDGs Annual Conference 2023 di Yogyakarta pada  tanggal 5-7 November 2023.

“Program unggulan yang saya sampaikan adalah Program Pangdam yaitu pengolahan lahan gratis dengan mekanisasi. Program ini merupakan program untuk mengolah lahan tidur/kurang produktif yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara” ujarnya pada Kamis (2/11/23).

Baca juga:Pemkab Taput Raih Opini WTP 9 Kali Berturut-turut

Dijelaskan, program Pangdam diperuntukan kepada masyarakat petani yang mempunyai lahan maksimal 2 hektar, dengan sistem pengolahan 3 kali olah yang terdiri dari 2 kali bajak dan 1 kali router. Untuk mendukung program ini, Pemkab Taput menyediakan 12 unit traktor roda empat.

Adapun tujuan program Pangdam, kata Nikson, bertujuan untuk peningkatan luas tambah tanam, peningkatan PDRB Kabupaten Taput, mendorong pertumbuhan usaha tani, meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian, mengurangi biaya produksi petani, memberdayakan SDM petani serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Taput. (fernando/hm17)

Related Articles

Latest Articles