19 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Suhu Bandung Anjlok ke 17 Derajat Celcius

Bandung, MISTAR.ID

Di Bandung, Jawa Barat, suhu turun hingga 17 derajat Celcius. BMKG memberikan penjelasan.

Melansir DetikJabar, suhu di Bandung pada Kamis (20/7/23) menjadi 20 derajat Celcius pada 16 Juli 2023. Suhu 17 derajat Celcius kemudian dilaporkan pada 18 Juli 2023. Sedangkan suhu terendah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) merosot menjadi 15,6 derajat Celcius.

Teguh Rahayu, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, mengatakan suhu udara minimum mengalami perubahan signifikan, menjadi 17 derajat Celcius. Minimum normal adalah 18,2 derajat Celcius di bulan Juli dan 17,5 derajat Celcius di bulan Agustus.

Baca juga: Fenomena Aphelion, Benarkah Sebabkan Suhu Dingin di Indonesia?

“Suhu dingin ekstrem biasanya terjadi pada musim kemarau, dan itu terjadi pada malam hari. Pada musim kemarau, sinar matahari maksimal pada siang hari karena tidak ada tutupan awan. Hal ini memungkinkan permukaan bumi menerima radiasi maksimal,” kata Rahayu dalam keterangan yang diterima, Rabu (19/7/23).

Rahayu menjelaskan bahwa bumi mengeluarkan energi pada malam hari. Karena tidak ada awan, radiasi maksimum yang tersimpan di permukaan bumi dipancarkan dari malam hingga dini hari.

“Situasi ini kemudian menyebabkan pendinginan cepat permukaan bumi karena kehilangan energi terbesar. Efeknya suhu minim atau udara sangat dingin di malam hari hingga dini hari,” kata Rahayu.

Baca juga: Hujan Akan Mengguyur Makassar Siang Harinya, Bandung dan Medan Malam Harinya

“Alasan lain mengapa suhu menjadi dingin di puncak musim kemarau adalah musim dingin di Australia. Australia memiliki tekanan udara yang relatif tinggi menyebabkan pergerakan udara dingin yang masif ke arah Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Monsun Australia,” tambah Rahayu.

Rahayu mengatakan monsun Australia merupakan penyebab utama kekeringan di Indonesia. Angin membawa suhu dingin dari Australia ke Indonesia.

“Fenomena dingin ini secara empiris akan berlangsung hingga Agustus 2023. Mulai menghangat pada awal September,” kata Rahayu.

Baca juga: Tujuh Orang Tewas Akibat Gelombang Dingin di Xinjiang

BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak panik dengan suhu tersebut. Masyarakat juga diminta untuk berpakaian sesuai dengan kondisi cuaca. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles