6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Rapel Kenaikan Gaji Pensiunan Bisa Dicairkan Mulai Hari Ini

Jakarta, MISTAR.ID

Kenaikan uang pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) akan cair hari ini dalam skema rapel untuk periode Januari 2024 hingga Februari 2024.

Pencairan rapel ini dilakukan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan kenaikan sebesar 12 persen. Keputusan ini diambil oleh Jokowi dalam Pidato Pengantar RAPBN 2024 dan Nota Keuangan di Gedung DPR/MPR RI pada Agustus 2023 lalu.

Direktur Utama Taspen, Antonius Nicholas Stephanus Kosasih, menyatakan bahwa pencairan kenaikan uang pensiunan tersebut akan dimulai paling cepat pada tanggal 13 Februari 2024.

Baca juga: Terkait Pelaporan Rosan, Bareskrim akan Panggil Connie Bakrie

Rapel tersebut akan disalurkan melalui Kantor Bayar Pensiun, yaitu mitra bank atau Kantor Pos.

“Sejalan arahan pemerintah, penyesuaian pensiun pokok diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para pensiunan serta memberikan multiplier effect yang semakin menggerakkan roda perekonomian Indonesia,” jelas Kosasih, Selasa (13/2/24), seperti dikutip CNN Indonesia.

Pembayaran kenaikan uang pensiun ini direpale karena dua bulan awal tahun 2024 masih menggunakan pokok lama. Mulai bulan Maret 2024, pensiun akan disesuaikan dengan pokok baru yang ditingkatkan sebesar 12 persen oleh Jokowi.

Di sisi lain, Direktur Operasional Taspen, Ariyandi, menjelaskan bahwa pencairan uang pensiunan ini sudah menjadi komitmen perusahaan.

Baca juga: Banjir Rendam Ratusan TPS di Demak Berpotensi Pemungutan Suara Susulan

“Sudah merupakan komitmen Taspen untuk terus menghadirkan pelayanan terbaik dan berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan seluruh peserta, khususnya memastikan keamanan dan kenyamanan para peserta dalam menerima manfaat di masa pensiun,” tuturnya.

Taspen mengingatkan untuk berhati-hati terhadap informasi yang disebar dengan menggunakan namanya. Disarankan untuk selalu memeriksa ke Kantor Cabang Taspen atau melalui sumber terpercaya, demi menghindari penyebaran berita bohong. (CNN/hm22)

Related Articles

Latest Articles