15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Program Amran Sulaiman Setelah Terpilih Lagi Jadi Mentan

Optimistis bisa menekan impor

Amran menyoroti kuota impor pangan tahun ini dan optimistis dapat menekan angka tersebut. Ia flashback pada program swasembada beras yang diusungnya saat menjadi Mentan pada era pemerintahan Jokowi periode pertama.

Menurutnya, program tersebut berhasil. Bahkan, Amran menyebutkan mampu menekan impor beras pada titik nol adalah bukanlah hal yang sulit.

Meski begitu, swasembada beras khususnya tidak dapat diwujudkan dalam waktu dekat.

“Bukan tahun depan ya. Kita usahakan dua sampai tiga tahun lagi. Saya ulangi, jangan sampai salah pemberitaannya. Dua sampai tiga tahun bisa lagi swasembada stabil,” tutur Amran.

Baca juga: Amran Sulaiman Dilantik Sebagai Mentan Pagi Ini

Selain beras, Amran akan mengusahakan untuk menekan impor komoditas lain, seperti jagung dan bawang merah. Menurutnya, hal ini menjadi fokus kerja dalam satu tahun ke depan.

“Satu tahun ini saya fokus pada produksi padi, jagung dan kedelai. Kita menekan dulu impor agar bisa swasembada,” tutur Amran.

Janjikan tak akan ada proyek titipan

Selain program untuk menyelesaikan masalah pangan, Amran juga menjanjikan, kepemimpinannya di Kementan yang kedua kali ini juga tidak akan dihubungkan dengan cawe-cawe proyek.

Baca juga: Bapanas Ajak Warga Sumut Stop Boros Pangan

“Kamu tidak kenal saya? Pernah aku main-main di sini? Pernah aku titip (proyek)? Tolong dikasih tau, tidak ada kompromi,” jawab Amran. (berbagai sumber/hm20)

 

Related Articles

Latest Articles