10.7 C
New York
Wednesday, April 24, 2024

Pria Paruh Baya Warga Kota Bogor Tewas Disengat Tawon

Bogor, MISTAR.ID

Seorang pria paruh baya, UD (50) warga RT 1/ RW 6, Kelurahan Kedungjaya, Kota Bogor, Jawa Barat, meninggal dunia akibat disengat tawon.

Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bogor, M Ade Nugraha mengatakan, dari informasi yang diterima pihaknya, warga tersebut disengat tawon pada Rabu (21/2/24) siang, dan meninggal dunia pada malam harinya.

“Korban berusaha mengevakuasi tawon secara mandiri. Karena badannya itu banyak disengat tawon, akhirnya dibawa ke rumah sakit,” ujar Ade dilansir, Kamis (22/2/24).

Ade mengatakan, diduga tawon yang menyengat korban merupakan tawon Vespa affinis yang memang ganas dan bisa menyebabkan kematian. Apabila korban disengat lebih dari seekor atau banyak, dipastikan tubuh korban tidak bisa menahan sengatan yang diderita.

“Dampak dari sengatan tawon Vespa affinis bisa berupa alergi, bengkak, sesak nafas, hingga gagal jantung,” katanya.

Baca Juga : Damkar Asahan Musnahkan Sarang Tawon Raksasa di Atap Rumah Warga

Pengurus RT 1/ RW 6 Saefulloh mengatakan, korban merupakan marbot masjid setempat. Sarang tawon tersebut berada di salah satu atap rumah warga yang baru ketahuan pekan lalu.

Saat kejadian, korban berupaya membantu menyingkirkan sarang tawon tersebut tanpa alat pelindung diri. Korban disengat tawon sekitar pukul 11.00 WIB, dan meninggal dunia sekitar pukul 20.00 WIB di rumah sakit.

“Penanganan ke dokter setempat disuntik, mau dikasih obat nggak jadi, langsung dibawa ke RSUD Kota Bogor. Tapi RSUD penuh, dibawa ke RS Islam. Langsung ditangani, meninggal,” jelasnya. (cnn/hm24)

Related Articles

Latest Articles