16.9 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Presiden Sambut Paus Fransiskus dengan Upacara Kenegaraan

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyambut Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus dengan upacara kenegaraan setibanya di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (4/9/24).

Kedatangan Paus Fransiskus menggunakan mobil Toyota Kijang Innova Zenix berpelat SCV 1 pada sekitar pukul 09.36 WIB dari Tugu Monas dan kemudian memasuki halaman Istana Merdeka disambut Pasukan Marching Band Paspampres, pasukan berkuda, dan pasukan berbaju adat Nusantara mengiringi.

Sejumlah anak-anak yang mengenakan pakaian adat Nusantara sembari meneriakkan ‘Selamat datang di Indonesia’ juga terlihat menyambut kedatangan Paus Fransiskus .

Kedatangan Paus disambut dengan sejumlah menteri yang hadir. Di antaranya Menhan sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Marsudi, Menag Yaqut Cholil Qoumas,  Mensesneg Pratikno, Menlu Retno hingga Seskab Pramono Anung.

Baca juga:Mengenal Lebih Dekat Sosok Paus Fransiskus, Pemimpin Gereja Katolik Global

Menandai kehadiran Paus Fransiskus, lagu kebangsaan kedua negara dikumandangkan disertai puluhan kali dentuman meriam

Usia kunjungan di Istana Kepresidenan Jakarta, pada hari  ini Paus Fransiskus rencananya akan mengunjungi sejumlah apostolik.

Kemudian, Paus dijadwalkan melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesus (Society of Jesus) di Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta pada pukul 11.30 WIB.

Pukul 16.30 WIB, Paus Fransiskus bakal bertemu dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, serta katekis di Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta.

Paus kemudian akan bertemu para pemuda dari Scholas Occurantes di Youth Center Graha Pemuda Senayan pada pukul 17.35 WIB.

Baca juga:Hari Ini Tiba di Indonesia, Berikut Jadwal Lengkap Kegiatan Paus Fransiskus

Kegiatan itu merupakan rangkaian kunjungan apostolik Paus Fransiksys di Republik Indonesia yang dimulai pada Selasa (3/9) hingga Jumat (6/9) mendatang.

Paus Fransiskus melaksanakan rangkaian kunjungannya di Asia-Pasifik. Indonesia merupakan negara pertama, selanjutnya akan melawat ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Paus melakukan kunjungan pertama kalinya ke RI setelah 35 tahun setelah kunjungan Paus Yohanes Paulus II pada 1989 silam. Kedatangan Paus Fransiskus sangat dinanti-nanti, terutama oleh umat Katolik Indonesia.(cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles