23.1 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Presiden RI Jokowi Menyembelih Sapi Seberat 1 Ton di Sumbar

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyembelih sapi jenis Limousin seberat 1 ton di Sumatera Barat (Sumbar) pada Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi.

“Kami persembahkan tiga ekor sapi unggulan sebagai kurban kepresidenan untuk Sumbar. Sapi persilangan Limousian yang kami pilih dari Padang Panjang, beratnya sekitar 1.000 hingga 1.080 kilogram,” kata Sukarli, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar di Padang, Senin (19/6/23).

Dia mengatakan sapi-sapi yang dipilih telah melewati proses pemeriksaan kesehatan dan memenuhi persyaratan hukum Syariah, yang memungkinkan mereka untuk didaftarkan untuk disembelih.

Baca juga : Catat, Ini Prosedur Lalu Lintas Hewan Kurban antar Provinsi

Menurutnya, sapi kurban Presiden RI tahun ini akan disembelih di Masjid Raya Sumbar dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat setempat.

Dia mengatakan teknis penyembelihan hewan kurban ditangani oleh Dinas Kesejahteraan Setda Sumbar, termasuk rencana penyembelihannya.

Sebelumnya, Pemprov Sumbar telah menentukan pilihan dan mengusulkan tiga ekor sapi induk sebagai hewan kurban Presiden Joko Widodo untuk warga di daerah tersebut.

Baca juga : Stok Hewan Kurban Idul Adha 2023 di Sumut Diklaim Tercukupi

Dari belasan ekor sapi yang dipilih, tiga ekor sapi besar dipilih dan dipersembahkan oleh Presiden sebagai hewan kurban untuk warga Sumbar.

Ketiga ekor sapi tersebut adalah sapi Limousin Cross milik Eko Setiawan seberat 1.000 hingga 1.080 kg kemudian sapi Simbra Cross warga Kabupaten Solok milik Armudamasi seberat sekitar 946 hingga 1.037 kg.

Terakhir, ternak sapi jenis simental dimiliki oleh Dt Palindih yang berdomisili di Kabupaten Agam dengan berat sekitar 961-1037 kilogram.

Pada tahun 2022, Presiden Joko Widodo menawarkan PO lokal di Sumbar. “Daging sapi PO lokal seberat 0,9 ton itu kemudian dibagikan kepada korban gempa Pasamani,” tambah Sukarli. (ant/hm18)

Related Articles

Latest Articles