17.6 C
New York
Monday, May 6, 2024

Pesawat SAM Air Hilang Kontak di Papua

Papua, MISTAR.ID

Pesawat PT Semuwa Aviasi Mandiri (SAM Air) hilang kontak di Yalimo, pegunungan Papua. Kejadian ini terjadi saat pesawat menuju Bandara Ilaga dari Bandara Elelim, Jumat (23/6/23).

Pesawat dengan registrasi PK-SMW, tipe Cessna Grand Caravan C208B, berangkat dari Bandara Elelim menuju Bandara Ilaga pada pukul 10.53 WIT. Pesawat hilang kontak 14 menit setelah lepas landas, tepat pada pukul 11.07 WIT.

“Saat itu, pesawat hilang kontak di koordinat POIK. Sekitar 16 NM (nautical mile) ke arah selatan dari Bandara Elelim,” ungkap Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia dalam pernyataannya pada Jumat (23/6/2023).

Baca juga: Gempa M4,2 Melanda Wilayah Dogiyai di Papua

Perwakilan AirNav Indonesia, Rosedi mengatakan saat ini tim sedang berupaya melakukan pencarian menggunakan pesawat Pilatus Susi Air dengan registrasi PK-VVK. Pesawat ini telah berangkat dari Bandara Wamena pada pukul 13.37 WITA.

“AirNav Indonesia, bersama dengan pihak-pihak terkait dalam industri penerbangan terus berusaha mencari keberadaan pesawat PK-SMW dan memberikan pembaruan mengenai kondisi di lapangan,” ujar Rosedi.

Dilaporkan, pesawat tersebut membawa 4 penumpang.

Baca juga: KKB Papua Ancam 14 Tenaga Kesehatan

“Memang benar bahwa pesawat yang mengangkut empat penumpang tersebut kehilangan kontak,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Elelim, Genos Imanuel. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles