21 C
New York
Thursday, August 15, 2024

Minta Maaf, Kepala BPIP Bolehkan Paskibraka Pakai Jilbab saat Upacara

Jakarta, MISTAR.ID

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi akhirnya membolehkan Paskibraka mengenakan jilbab saat mengibarkan bendera pada HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dalam kesempatan ini, Yudian juga meminta maaf atas keputusan sebelumnya yang melarang Paskibraka mengenakan jilbab saat pengukuhan dan upacara kenegaraan.

“Paskibraka Putri yang mengenakan jilbab dapat bertugas tanpa melepaskan jilbabnya dalam pengibaran Sang Saka Merah Putih pada Peringatan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara,” kata Yudian dalam keterangan resminya, Kamis (15/8/24).

Yudi mengaku keputusan itu diambil setelah pihaknya mengikuti arahan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono yang bertindak sebagai penanggungjawab pelaksanaan upacara HUT RI ke-79.

Baca Juga : Respon Dugaan Larangan Paskibraka Pakai Jilbab, MUI Serukan Boikot

Selain berterima kasih, Yudian menyampaikan apresiasi atas perhatian pada kiprah Paskibraka selama ini. BPIP meminta maaf kepada seluruh masyarakat atas kabar terkait pelepasan jilbab bagi Paskibraka perempuan belakangan ini.

“Menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia atas pemberitaan yang berkembang terkait dengan berita pelepasan jilbab bagi Paskibraka Putri Tingkat Pusat Tahun 2024 yang menghiasi pemberitaan,” katanya.

BPIP sendiri menjadi sorotan usai terjadi insiden pelepasan jilbab bagi anggota Paskibraka perempuan di momen pengukuhan. Padahal, ada 18 anggota Paskibraka perempuan yang di kehidupan sehari-harinya menggunakan jilbab.

BPIP kemudian membantah telah memaksa anggota Paskibraka perempuan untuk melepas jilbab. Kepala BPIP Yudian Wahyudi sebelumnya mengklaim penampilan anggota Paskibraka yang tidak mengenakan jilbab adalah kesukarelaan masing-masing. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles