21.1 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Menpan RB Beberkan Formasi Prioritas CPNS dan PPPK 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Formasi yang diutamakan dalam pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 dibeberkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas.

Ini diungkapkan Azwar Anas ketika memimpin koordinasi persiapan GovTech dan rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) 2024, pada Selasa (2/1/2024). Menurutnya, pemerintah berencana membuka pendaftaran CASN 2024 baik CPNS dan PPPK untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di lembaga pemerintah.

“Menyangkut pendaftaran CPNS 2024 diprioritaskan pada kebutuhan ASN pada pelayanan dasar yakni tenaga guru dan tenaga kesehatan (nakes),” imbuhnya.

Baca juga:BKN Gunakan Pemindai Wajah untuk Antisipasi Joki CPNS

Berikutnya berfokus pada penuntasan permasalahan tenaga non ASN di instansi pemerintah sesuai mandat Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara, pemerintah membuka ruang lebih luas bagi fresh graduate.

“Selain guru dan nakes, pemerintah juga akan membuka kesempatan lebih luas untuk talenta digital,” kata Azwar Anas.

Direncanakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan pembukaan seleksi ASN 2024 pada pekan pertama bulan Januari 2024.

Baca juga:Joki CPNS Masih Ada, BKN: Diberi Sanksi Oleh Pihak Berwajib

Sebelumnya, Azwar Anas mengatakan, pemerintah juga akan membuka peluang untuk pendaftaran PPPK, termasuk bagi jutaan pegawai yang kini masih berstatus honorer.

“Nanti ada kita akan menuntaskan 1,6 juta PPPK. Ini nanti akan kita beresin. Tentu nanti skenarionya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” ujarnya baru-baru ini.(trbn/hm16)

Related Articles

Latest Articles