25.2 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Menteri Agama RI: Idul Fitri 2 Mei 2022 Cerminan Kebersamaan Umat Islam

Jakarta, MISTAR.ID

Pemerintah RI menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1443 H jatuh pada Senin (2/5/22). Menurut Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas penetapan tersebut sebagai cermin kebersamaan umat Islam Indonesia.

Melalui penetapan tersebut, pemerintah, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan berlebaran pada waktu yang sama.

“Mudah-mudahan dengan hasil Sidang Isbat ini seluruh umat Islam di Indonesia dapat merasakan Idul Fitri secara bersama-sama. Semoga ini menjadi cerminan kebersamaan umat Islam di Indonesia,” kata Yaqut dalam jumpa pers di Jakarta, (1/5/22).

Baca juga: Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Ucapkan Selamat Idul Fitri

Pada kesempatan itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Jaidi menyampaikan pesan serupa. Ia berharap persatuan umat Islam terus dipupuk. Jaidi juga mengimbau umat Islam untuk mengisi Idul Fitri dengan amal baik. Dia menyarankan Muslim untuk berbagi kepada sesama.

“Marilah kita isi Lebaran ini, Idul Fitri, selain kegembiraan adalah berbagi kasih sayang dalam kehidupan, menyantuni fakir miskin,” ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah organisasi kemasyarakatan Islam telah memutuskan Idul Fitri pada Senin (2/5/22). PP Muhamadiyah dan PBNU telah mengumumkan keputusan mereka sebelum pemerintah menggelar Sidang Isbat.

Sebagian besar umat Islam di Indonesia akan merayakan Idul Fitri pada hari yang sama besok. Sementara beberapa umat Islam lainnya telah merayakan Lebaran hari ini.(cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles