15 C
New York
Sunday, May 12, 2024

KTT G20, Presiden RI Suarakan Perubahan Iklim dan Pelestarian Bumi

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana tiba di India untuk mengikuti rangkaian kegiatan KTT G20 pada 9-10 September.

Kepala Negara dan rombongan, usai menaiki pesawat Garuda Indonesia-1, mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Minggu, sekitar pukul 23.00 WIB.

Setibanya di sana, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana disambut langsung oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Umum TNI Letjen Bambang Ismawan, Wakil Kapolri Komjen Agus Adrianto, dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

Baca juga: KTT ASEAN di Jakarta Momentum Mendorong Perdamaian di Tengah Konflik Global Akibat Kesenjangan

Pada KTT yang digelar di bawah kepemimpinan G20 India, Presiden Jokowi menyuarakan sikap Indonesia terkait beberapa isu, termasuk terkait perubahan iklim dan pelestarian bumi.

Pada sesi pertama KTT yang mengusung tema “Satu Bumi” pada Sabtu (9 September), Jokowi mendorong para pemimpin G20 untuk mulai menerjemahkan rencana ke dalam tindakan nyata untuk melindungi planet ini.  “Kita semua harus melaksanakan apa yang dikatakan karena kita hanya punya satu Bumi.”

Presiden kemudian menyoroti langkah-langkah nyata yang dilakukan Indonesia untuk menyelamatkan bumi, seperti dengan mengurangi emisi karbon secara signifikan, menekan deforestasi, merehabilitasi puluhan ribu hektar hutan, dan menanam mangrove secara masif.

Baca juga: KTT ASEAN ke-43 di Jakarta, Presiden RI Bahas Persaingan Geopolitik dan Potensi Konflik

Selain itu, pada sesi KTT lainnya bertema “Satu Keluarga” yang diselenggarakan pada Minggu (10 September), Presiden Jokowi menggarisbawahi perlunya para pemimpin G20 menjaga stabilitas, solidaritas, dan kesetaraan guna memimpin dunia menuju kemajuan dan pembangunan.

Pada kesempatan itu, beliau mendesak para pemimpin untuk menjunjung tinggi komitmen mereka dalam menyediakan dunia yang damai, stabil, dan sejahtera bagi masyarakat global.

Baca juga: Jelang KTT ASEAN di Jakarta, Kemenkominfo Siapkan E-book ASEANpedia

Kunjungannya ke India juga ia manfaatkan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara, seperti Presiden Uni Emirat Arab Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni.

Usai mengakhiri aktivitas di India, Presiden dan rombongan lepas landas dari Stasiun Angkatan Udara Palam, New Delhi, pada pukul 15.00. waktu lokal.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ikut serta dalam penerbangan bersama Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.(antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles