22.7 C
New York
Monday, May 20, 2024

Krisis! Surabaya dalam Kondisi Genting Lawan Covid-19

Surabaya, MISTAR.ID

Lonjakan Covid-19 yang terus meningkat di Kota Pahlawan Surabaya membuat situasi di daerah itu kini dinyatakan genting ketika BOR (keterisian tempat tidur) di rumah sakit telah mencapai 100 persen.

Pemerintah Kota Surabaya mengumumkan wilayahnya dalam keadaan genting melawan Covid-19. Pemkot akan menjaring relawan untuk bersama-sama melakukan penanganan Covid-19 di Kota Pahlawan. Hal ini dilakukan sebagai upaya menekan angka kasus corona terus melonjak.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi penjaringan relawan bertajuk ‘Surabaya Memanggil’ ini dilakukan, sebab situasi Covid-19 di Surabaya sudah genting karena keterisian sejumlah rumah sakit mulai overload.

Baca juga: 24 Nakes Covid-19, IGD RS William Booth Surabaya ‘Lumpuh’

“Hari ini saya sampaikan dan umumkan bahwa Surabaya sudah dalam keadaan genting melawan Covid-19. Kalau kita melihat BOR di rumah sakit, sudah hampir ter-okupansi 100 persen,” kata Eri di Balai Kota Surabaya, Rabu (30/6/21).

Bahkan, kata dia, ada salah satu rumah sakit di Surabaya yang tidak bisa lagi menerima pasien, lantaran para tenaga kesehatannya positif terpapar Covid-19. “Selain itu mereka juga tidak bisa lagi mencukupi tempat tidur dan ICU-nya. Karena itu kita harus memutus benar-benar mata rantai penularan Covid-19,” ujarnya.

Warga yang ingin menjadi relawan, haruslah menjalani tes swab terlebih dahulu, kemudian jika hasilnya negatif maka calon relawan akan diberikan vaksinasi dan barulah resmi menjadi anggota relawan. “Untuk daftarnya, kami akan buka di internet, jadi nama-nama juga sudah masuk dan terbuka bagi kawan-kawan yang ingin mendaftar,” ucapnya.

Baca juga: 19 Kelurahan di Surabaya Terpapar Positif Covid-19

Nantinya para relawan nanti turun ke lapangan, ke kampung-kampung untuk mengawasi dan menegakkan protokol kesehatan serta jam malam. Eri meminta kepada seluruh lapisan masyarakat di Surabaya agar terketuk pintu hatinya dan bergabung dengan relawan dengan ikhlas. Sebab Kota Pahlawan kini membutuhkan pertolongan warganya.

“Karena itu ketika Surabaya Memanggil, kami berharap seluruh warga Surabaya yang terketuk pintu hatinya untuk bergandengan tangan bersama melawan pandemi ini,” ujar Eri. Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Surabaya, kasus kumulatif positif Covid-19 di Kota Pahlawan per 30 Juni 2021 mencapai 25.397 orang. 23.381 di antaranya kasus dinyatakan sembuh dan 617 kasus aktif atau dalam perawatan. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles