8.7 C
New York
Monday, May 13, 2024

Kasus Bayi Tertukar di RS Sentosa Bogor Tuntas, Semua Pihak Menerima Lapang Dada

Jakarta, MISTAR.ID
Perkara bayi tertukar di Rumah Sakit Sentosa Bogor, yang dilaporkan Siti Muslihah (37), akhirnya terjawab. Berdasarkan hasil pencocokan tes DNA masing-masing orang tua, bayi Siti ternyata diasuh oleh seorang ibu berinisial DP. Hal itu dibenarkan Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro, Sabtu (26/8/23).
 
Menurut Rio, kasus bayi tertukar di rumah sakit baru pertama kali terjadi di Indonesia, dan perkara itu dapat diselesaikan dengan damai melalui mediasi atau mekanisme restorative justice yang dilakukan polisi. Semua pihak menerima hasil dari penyelidikan polisi dengan lapang dada.
“Oleh sebab itu, tadi kesepakatan di atas, telah dibuatkan komitmen bersama penyelesaian bersama dalam hal Ibu S dengan Ibu D, kami selesaikan secara restorative justice,” terangnya.
Wakil Ketua KPAI Jasra Putra juga mengakui bahwa kasus bayi tertukar baru pertama kali diketahuinya terjadi di Indonesia. Namun ia berpesan agar hal itu menjadi pelajaran bagi semua pihak, termasuk para tenaga medis yang menangani persalinan bayi.

“Terutama di layanan kesehatan, yang harusnya jadi tempat yang nyaman dan aman bagi anak untuk lahir di sana dan mudah-mudahan dengan kasus ini perubahan-perubahan jangka panjang bisa dilakukan secara efektif,” jelas Jasra.(detik/hm17)

Related Articles

Latest Articles