25.7 C
New York
Wednesday, July 17, 2024

Kapolri Minta Jajaran Tingkatkan Keamanan dari Serangan Siber

Jakarta, MISTAR.ID

Seluruh jajaran diperintahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mempersiapkan pengamanan dari serangan siber. Orang nomor satu di Polri itu menilai hal tersebut perlu dilakukan, karena kejahatan siber semakin marak dan menyasar seluruh pihak tanpa terkecuali.

“Kita menghadapi kondisi yang rentan terkait dengan masalah serangan siber, mau tidak mau kita harus mempersiapkan pengamanan di bidang serangan siber,” ujar Sigit dalam Rakorwas Kompolnas-Polri di Hotel Discovery Ancol, Rabu (17/7/24).

Sigit mengaku telah menyusun sejumlah regulasi terkait layanan digital Polri. Nantinya, seluruh aplikasi hingga situs web yang dimiliki Polri harus melewati sistem asesmen dari Komite TIK.

Selain itu, Sigit mengatakan pihaknya juga telah mulai melakukan peningkatan infrastruktur pengamanan data internal seperti perangkat anti-DDOS. “Termasuk juga beberapa sistem pengamanan lain,” jelasnya.

Baca Juga : Beredar SE Kapolri ‘Tangkap Semua Debt Colector’ ini Penjelasan Mabes Polri

Sigit mengatakan, TIK Polri nantinya juga bakal melakukan tes penyerangan secara berkala untuk memastikan sistem pengamanan tetap layak digunakan. “Kita akui perkembangan kejahatan siber terus meningkat, sehingga selalu dibuat hal-hal baru untuk bisa menerobos sistem keamanan,” jelasnya.

Mantan Kabareskrim itu menyebut, pihaknya juga telah dibentuk tim Computer Security Incident Response Team (CSIRT) yang bertugas melakukan penyelidikan serta penindakan pelaku kejahatan di bidang siber.

“Tentunya dalam hal ini kami bekerja dengan rekan-rekan dari Badan Sandi Siber Negara (BSSN), dari Badan Intelijen Negara (BIN), maupun dari Badan Intelijen Strategis (Bais),” pungkasnya. (cnn/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles