5.8 C
New York
Friday, April 26, 2024

Kapolri Memprediksi Jumlah Pemudik 2024 Meningkat 56 Persen

Jakarta, MISTAR.ID

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memprediksi peningkatan arus mudik tahun 2024 naik mencapai 56 persen.

Perkiraan itu diketahui setelah Polri menggelar rapat koordinasi lintas sektoral soal kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 pada Senin (25/3/2024) di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

“Sebagaimana tadi disampaikan Bapak Menko PMK, bahwa mudik tahun 2024 ini terjadi peningkatan kurang lebih 56 persen kalau tidak salah tadi, dibandingkan dengan mudik 2023,” kata Kapolri usai memimpin langsung rapat yang dihadiri Menko PMK Muhadjir Effendy.

Dalam memberikan keamanan dan kenyamanan pemudik, Jenderal Sigit mengatakan Polri menyiapkan sejumlah strategi. Termasuk terkait rekayasa lalu lintas dan pemetaan jalur mudik yang rawan kecelakaan.

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran, Tiket Kereta Api Baru Terjual 21 Persen

“Ini menjadi penting karena memang secara statistik terjadi penurunan terkait dengan masalah laka lantas apabila dibandingkan dengan tahun 2022,” terangnya.

Mengingat jumlah pemudik meningkat tajam, masyarakat yang menggunakan kendaraan sendiri diminta mentaati aturan berlalu lintas agar tidak terjadi laka lantas dan juga mengurangi kemacetan lalu lintas.

Jenderal Sigit juga mengatakan polisi telah menyiapkan 5.718 pos pantau yang akan memberikan pelayanan pada pemudik. Pos pantau tersebut akan disiapkan di rest area, jalan arteri hingga wilayah wisata. (detik/hm17)

Related Articles

Latest Articles