20.5 C
New York
Friday, May 10, 2024

Jumlah Kekayaan 6 Ketum Parpol di Indonesia, Siapa Terkaya?

Medan, MISTAR.ID

Ada banyak nama yang meramaikan kancah politik Indonesia. Perjalanan politiknya telah direkam di berbagai partai.

Saat ini sedikitnya ada sembilan partai politik (parpol) di DPR. Sembilan partai melewati rintangan parlementer atau parlementer pada pemilihan umum 2019.

Dari sembilan partai politik, ada yang memulai aktivitasnya sebelum reformasi, ada yang baru memasuki usia dua puluhan. Di atas adalah seorang presiden yang namanya tidak asing lagi.

Baca juga: Presiden Jokowi: Aparat Birokrasi Jangan Pamer Kekayaan, Tidak Pantas!

Siapa saja mereka dan berapa kekayaannya? Di bawah ini adalah daftar kekayaan pimpinan enam partai politik dari sembilan yang saat ini diwakili di DPR.

1. Megawati Soekarnoputri
Siapa yang tak kenal Megawati Soekarnoputri? Namanya besar karena menjabat Dirjen PDI Perjuangan sejak 1999. Sosok Megawati itu berhasil memimpin PDI Perjuangan sebagai partai pemenang pemilu 1999.

Pada saat yang sama, Megawati terpilih sebagai Wakil Presiden oleh Majelis Rakyat (MPR) Republik Indonesia bersama Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Baca juga: UU Masa Jabatan Ketum Parpol Digugat ke Mahkamah Konstitusi

Dua tahun kemudian, putri Soekarno berhasil naik tahta sebagai Presiden Republik Indonesia kelima dan presiden wanita pertama Indonesia. Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) per 31 Desember 2021 yang diketuai Badan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati memiliki aset sebesar Rp214,2 miliar.

2. Prabowo Subianto
Nama Prabowo Subianto juga dikenal. Beliau adalah salah satu pendiri Partai Gerindra dan saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Politik Simbol Garuda. Sebelum terjun ke dunia politik, Prabowo aktif di ketentaraan. Ia menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Prabowo pun bertanding bolak-balik di panggung pilpres. Pada pemilihan umum tahun 2009, ia menjadi calon wakil presiden (cawapres), bersama Megawati. Namun, keduanya kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Budiono.

Baca juga: Dewan Pers Imbau Parpol Tidak Diskriminasi Terhadap Media saat Pemberitaan

Menteri pertahanan Indonesia itu kemudian mencoba peruntungan sebagai calon (kandidat) presiden pada Pemilu 2014 dan 2019, namun tidak menang.

Menurut LHKPN yang diumumkan pada 31 Desember 2022, kekayaan Prabowo Rp 2 triliun.

3. Airlangga Hartarto
Airlangga Hartarto dikenal sebagai pimpinan partai Golkar. Ia juga menjabat sebagai Menko Perekonomian sejak Presiden Joko Widodo membentuk pemerintahan Indonesia pada Oktober 2019.

Baca juga: Parpol dan Caleg Dilarang Terima Imbalan Apapun Ketika Pencalonan Capres

Airlangga menjabat sebagai Menteri Perindustrian dalam kabinet Jokowi-Jusuf Kalla. Tahun 2004 hingga 2016 menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Golkar.

Menurut e-LHKPN per 31 Desember 2022, aset Airlangga adalah Rp 454 miliar.

4.Surya Paloh
Surya Paloh adalah Ketua Umum Partai Nasdem. Sebelum terbentuknya Partai Nasdem pada 2011, Surya bernaung di bawah Partai Golkar. Meski sudah lama berkecimpung di dunia politik, Surya cenderung bergerak di belakang layar. Selain sebagai politikus, ia juga dikenal sebagai pengusaha yang berkecimpung di berbagai bidang.

Baca juga: Kritik Jokowi Milik Parpol Lewat Cuitan, Akun Twitter BEM UI Kena ‘Hack’

Menurut Tribunnews.com, kekayaan Surya mencapai Rp 8,74 triliun pada 2018. Menurut Globe Asia, pimpinan Media Group itu merupakan orang terkaya ke-77 dari 150 orang di Indonesia.

5. Muhaimin Iskandar
Muhaimin Iskandar adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Jabatan ini diembannya sejak 2005. Muhaimini sapaan akrabnya, Cak Imin, sudah lama menjabat di parlemen. Pernah menjadi anggota DPR dari tahun 1999 hingga 2009 dan kemudian dari tahun 2014 hingga sekarang.

Menurut LHKPN yang dilansir Muhaimin pada 31/12/2022, Wakil Presiden DPR RI ini memiliki kekayaan senilai Rp27,2 miliar.

Baca juga: Pengamat Politik: Fenomena Caleg Pindah Parpol Adalah Ekspresi Konflik di Dalam Partai

6. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dikenal sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Sebelum terjun ke dunia politik, AHY adalah seorang perwira. Nama AHY mencuat saat mencalonkan diri bersama Sylviana Murni menjadi Gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2017.

Menurut data LHKPN yang dirilis AHY pada Oktober 2016, saat ke DKI-1, dia memiliki aset senilai Rp15,2 miliar. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles