18.9 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Jokowi Ungkap Alasan Tak Rayakan Ultahnya ke-62 Tahun

Jakarta, MISTAR.ID

Rabu (21/6/23), Presiden Joko Widodo akan berumur ke 62 tahun. Namun, Jokowi mengatakan, tak berniat merayakan ulang tahun (ultah) nya itu.

“Saya tak pernah merayakan ulang. Saya orang desa, gak pernah ulang tahun, sejak lahir sampai,” ujar mantan Gubernur DKI ini di Gresik, Provinsi Jawa Timur, pada Selasa (20/6/23).

Sebelumnya, pernyataan tak pernah merayakan hari kelahirannya itu juga pernah Jokowi sampaikan pada tahun 2021 melalui akun media sosial (medsos) nya di Instagram @jokowi.

Baca juga: Menafsir Mimpi SBY Naik Kereta Bareng Megawati dan Jokowi

Seperti tahun-tahun yang silam, saya tak terbiasa merayakan hari ulang tahun sendiri. Apalagi sekarang, di saat negeri ini tengah membutuhkan kerja keras kita semua untuk bersama-sama keluar dari pandemi,” tulis Jokowi saat itu.

Diketahui Jokowi lahir di Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, pada 21 Juni 1961. Jokowi adalah anak sulung dari pasangan suami istri (pasutri) Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi.

Presiden Indonesia ke 7 ini memiliki 3 orang anak, yakni Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Kini Jokowi telah memiliki 5 orang cucu dari Gibran Rakabuming dan Kahiyang Ayu.

Baca juga: Prabowo Bertemu Jokowi Bicarakan Hal Penting, Presiden RI: Soal Politik

Dari anak sulungnya, Gibran, dan sang istri, Selvi Ananda memiliki 2 anak, yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Kemudian 3 cucu Jokowi lainnya dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Mereka yakni Sedah Mirah Nasution, Panembahan Al Nahyan Nasution, Panembahan Al Saud Nasution.

Jokowi mengawali karier politik saat menjadi Wali Kota Surakarta sejak tahun 2005-2012. Suami dari Iriana Joko Widodo itu melanjutkan kariernya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Di tahun 2014, Jokowi terpilih menjadi Presiden dan berpasangan dengan Jusuf Kalla. Berlanjut di Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019, Jokowi kembali menang dan berpasangan bersama Ma’aruf Amin. (tempo/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles